Saturday, May 31, 2008

Jejak Dinosaurus

Tau ndak, ternyata, Semenanjung Arab yang selama ini tidak diketahui memiliki dinosaurus.Tim ilmuwan Belanda, Amerika Serikat (AS), dan Yaman mencatat sejarah karena menemukan jejak dinosaurus pertama di wilayah Semenanjung Arab, yaitu di Yaman.
Jejak itu adalah jejak dinosaurus ornithopoddan sauropod. “Sebelumnya, di wilayah ini tidak pernah ditemukan tanda-tanda bekas keberadaan dinosaurus. Dalam peta habitat dinosaurus dunia, Semenanjung Arab semula adalah wilayah kosong,” ujar ketua tim peneliti Anne Schulp, ilmuwan Maastricht Museum of Natural History, Belanda.
Jejak-jejak dinosaurus itu ditemukan di wilayah pantai Yaman.Pada zaman dinosaurus, wilayah itu diperkirakan memiliki permukaan berlumpur. Jejak-jejak kaki dinosaurus di wilayah itu kemudian mengering dan memfosil sehingga bisa bertahan hingga saat ini. Jejak yang ditemukan bukan merupakan jejak seekor dinosaurus tunggal.
Melainkan jejak kaki kawanan dinosaurus. Schulp mengungkapkan, jejak-jejak kaki yang ditemukan adalah jejak dari sedikitnya sebelas ekor dinosaurus. Schulp dan rekan-rekan berambisi memburu jejak dan fosil dinosaurus di Semenanjung Arab karena mereka tidak percaya Semenanjung Arab tidak pernah dihuni dinosaurus.
Beberapa tahun lalu, sepotong fosil tulang dinosaurus pernah ditemukan di Oman. Namun, tidak ada fosil lain yang ditemukan setelah itu.

No comments: