Monday, November 3, 2008

27 Kelompok Tani Terima Bantuan Rp2,7 M

Sunday, 02 November 2008

MASAMBA (SINDO) – Sebanyak 27 gabungan kelompok tani (Gapoktan) di Kabupaten Luwu Utara (Lutra) menerima bantuan langsung masyarakat program pengembangan usaha agribisnis pedesaan (BLMPUAP) dari pemerintah pusat sebesar Rp100 juta per Gapoktan.

”Rincian pada anggaran pendapatan belanja negara (APBN) pokok sebanyak 15 Gapoktan menerima dana PUAP.Kemudian pada APBN Perubahan Lutra kembali diberikan kepercayaan untuk mengelola dana PUAP kepada 12 Gapoktan,” kata salah seorang tim teknis PUAP kabupaten dari Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan (BKP3) Lutra Lukman Hamarong di Masamba, kemarin.

Menurut Lukman, 2008 ini, total bantuan BLM-PUAP untuk Lutra sebanyak Rp2,7 miliar masing- masing Rp100 juta per Gapoktan. Dia menjelaskan, dalam pengelolaan dana PUAP seluruh Gapoktan yang sudah ditunjuk dari pusat terlebih dahulu diberi pelatihan dan pembekalan dari tim training of trainer (ToT) kabupaten yang sudah dilatih di Batangkaluku, Gowa.

”Pada tanggal 22 dan 23 Oktober lalu kita telah memberikan pelatihan dan pembekalan bagi 15 ketua Gapoktan dan 15 penyuluh pendamping. Sementara untuk tambahan 12 Gapoktan akan menyusul untuk diberi pelatihan ,”tandasnya. Lukmanjugamemintaagar seluruh Gapoktan yang mendapat bantuan BLM-PUAP agar betul-betul mengelola dana PUAP tersebut sesuai dengan peruntukkannya.

Tidak digunakan untuk kepentingan pribadi oleh masing-masing pengurus Gapoktan. Kepala Bagian Humas Lutra Syharuddin menyatakan, proses pengelolaan dana PUAP tersebut dapat dilihat langsung melalui internet, sehingga, aspek pengawasannya bisa terjaga dan terjamin tanpa kwuatir disalahgunakan oleh oknum tertentu.

”Semua proses pengelolaan dana PUAP sampai kepada identitas masing-masing pengurus Gapoktan dan bisa diakses langsung via internet.,” kata Syahruddin. (abdullah nicolha)

No comments: