Saturday, November 1, 2008

Rabu,Pemenang Ditentukan

Friday, 31 October 2008

LUWU(SINDO) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Luwu akan menetapkan pemenang Pemilu Kepala Daerah Luwu pada Rabu (5/11) mendatang.

Sebelumnya, KPU akan merekapitulasi penghitungan suara hasil pemilu dan menggelar rapat pleno pada Senin (3/11). Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Logistik dan juga Ketua Pokja pencalonan KPU Luwu Zainal Abidin menegaskan, proses rekapitulasi suara hasil pemilu bupati di setiap kecamatan,akan dikawal pihak kepolisian demi kelancaran proses tersebut hingga kotak suara tiba di Kantor KPU.

Sementara itu, 21 panitia pemilihan kecamatan (PPK) di Kabupaten Luwu hari ini, serentak memulai rekapitulasi hasil pemungutan suara Pemilu Kepala Daerah Luwu yang digelar 29 Oktober lalu.

“Besok, (Sabtu, 1/11), semua PPK di 21 kecamatan akan memulai rekapitulasi suara hasil Pemilu Luwu dan setelah melakukan rekapitulasi, akan langsung dibawa ke KPU Luwu dengan pengawalan petugas kepolisian dari Polres Luwu,” kata Ketua KPU Luwu Zul Arrahman kepada SINDO,kemarin.

Menurut Zul––sapaan akrabnya–– pengawalan dilakukan untuk menghindari adanya kecurangan dari oknum yang tidak bertanggung jawab yang ingin mengacaukan proses pemilu ini. “Hal ini harus dilakukan untuk menghindari adanya kecurangan yang rawan terjadi pascapemungutan suara dan saya yakin semua daerah begitu,untuk menjaga situasi tetap kondusif,”tuturnya.

Menurut dia, pascapemungutan suara yang digelar bebe-rapa hari lalu, situasi masih aman dan terkendali. Dia juga menilai bahwa masyarakat telah mengetahui makna demokrasi. Maka, dapat menerima hasil sementara yang dilakukan beberapa lembaga penghitungan cepat (quick count).

Dia berharap proses Pemilu Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Luwu ini lancar tanpa hambatan berarti sehingga pesta demokrasi di tanah berjuluk Sawerigading tak ternoda tindakan anarkistis.“Mudah-mudahan semuanya berjalan lancar dan aman.terimalah kekalahan dengan ikhlas,”ujarnya. (abdullah nicolha)

No comments: