Thursday, October 30, 2008

Incumbent Luwu Tumbang

Thursday, 30 October 2008

LUWU(SINDO) – Calon incumbent Luwu Basmin Mattayang-Buhari Kahhar Mudzakkar (Matahari) tumbang pada Pemilu Kepala Daerah Luwu 2008.

Pasangan Matahari dikalahkan duet Andi Mudzakkar- Syukur Bijak (Cakka-Siku). Matahari hanya meraih 31%, sedangkan Cakka Siku 51% suara. Berdasarkan data yang dihimpun SINDO, Basmin yang mencoblos di TPS 2 Kompleks PNS Luwu Desa Senga Selatan,Kecamatan Belopa, meraih suara terbanyak.

Di sini, Matahari 337 suara,Cakka-Siku meraih 109, Amal 12,dan Perisai 20 suara. Sementara itu,Andi Mudzakkar yang menggunakan hak pilih di TPS 2 Desa Bakti, Kecamatan Ponrang Selatan, menang telak 252 suara, Matahari 93 suara,Amal 12, dan Perisai 5. Sementara pasangannya, Syukur Bijak di TPS 2 Desa Batusitanduk, Kecamatan Walenrang, Cakka- Siku berhasil meraup 530 suara, Matahari 1,Amal 5,dan Perisai 4 suara.

Sementara itu,calon bupati Amir Kaso (Amal) dan calon wakil bupati Sahardi Mulia (Perisai) yang menggunakan hak pilih di TPS Desa Kasiwiang, Kecamatan Belopa, meraih suara tak jauh berbeda. Amal 219 suara dan Perisai 175, sedangkan CS memperoleh 39 dan Matahari 15 suara.

Saat pemungutan suara berlangsung di kediaman Andi Mudzakkar, 500-an ibuibu majelis taklim yang diberi nama Laskar Srikandi pejuang Andi Cakka, menggelar zikir bersama guna mendukung kemenangan paket yang lebih dikenal Cakka- Siku itu dan dipimpin langsung istri calon bupati Luwu usungan PBB-PBR Andi Tenri Karta, yang digelar kurang lebih tiga jam.

Sekitar pukul 17.00 Wita, massa mendengar paket Cakka- Siku memperoleh suara sementara dari beberapa saksi di tiap TPS,50-an massa paket Matahari menggelar konvoi dari arah utara menuju Kantor KPU Luwu. Mereka menuntut penyelenggara pemilu itu jujur dan meninjau hasil pemungutan suara di TPS 1 Senga,Kecamatan Belopa, yang diduga terjadi penggelembungan suara.

Mereka konvoi sambil meneriakkan opponomor 1. Aksi konvoi tersebut sempat mengagetkan 1.000-an pendukung CS yang sedang menunggu hasil penghitungan suara cepat atau quick count internal paket Cakka-Siku di kediaman Andi Mudzakkar di Kelurahan Sabe Belopa, kemarin. ”Kami sempat heran kok mereka konvoi, sedangkan hasil sementara yang unggul adalah nomor 2. Namun, kami tak ingin terpancing,” kata Ketua tim pemenangan paket CS Muhaddar di sela penghitungan suara kemarin.

Hingga tadi malam, Kantor KPU Luwu dijaga ketat pihak kepolisian dan Brimob Polda Sulselbar.Sebab,massa terus bertambah dan berencana menduduki kantor KPU hingga tuntutan mereka dipenuhi. Selain itu, mereka menggelar makan malam di sekitar KPU Luwu.Kaur Reskrim Polres Luwu Iptu Abdul Muthalib menyatakan, pihaknya telah menyiapkan pengamanan di KPU Luwu .

Bupati-Ketua DPRD Beri Selamat Cakka-Sikku

SEMENTARA itu,sekitar pukul 19.30 Wita tadi malam,Bupati Luwu Bahrum Daido berkunjung ke kediaman Andi Mudzakkar yang akrab disapa Andi Cakka di Kelurahan Sabe Belopa, guna memberikan ucapan selamat kepada cabup yang unggul sementara dengan 51% suara.

Bahrum mengimbau warga Luwu tetap menjaga situasi tetap kondusif, menjelang penetapan calon terpilih.Dia juga berharap para kandidat dapat menerima hasil penghitungan suara dan tetap legowo (ikhlas) menerima kekalahan karena segala pertandingan pasti ada yang menang dan kalah. ”Mari menyukuri kemenangan dan kekalahan,” katanya.

Sebelumnya, sekitar pukul 14.00 Wita,Ketua DPRD Luwu Hidayat Nurthalib juga bersilaturahmi ke rumah Andi Cakka untuk memberikan ucapan selamat kepada cabup Luwu usungan PBBPBR tersebut dengan wajah penuh haru atas perolehan suara yang diraih paket Cakka- Siku. ”Kendati masih sementara, saya yakin beliau akan menang pada Pemilu Luwu ini,”ujar Hidayat.

Ketua tim kampanye paket Perisai Irham Asad menegaskan, pihaknya menyambut baik siapa saja yang memenangkan Pemilu Luwu. ”Sepanjang kemenangan itu diraih sesuai aturan,” ungkapnya. (abdullah nicolha/asdhar).

No comments: