Wednesday, October 29, 2008

Golkar Rontok di Daerah

Thursday, 30 October 2008

LUWU (SINDO) – Keperkasaan Partai Golkar yang meraih 65,49% di Pemilu Wali Kota Makassar, ternyata tidak mampu diikuti para kandidat usungan partai beringin ini di daerahdaerah.

Buktinya,dari lima pemilu kepala daerah yang dilaksanakan serentak kemarin, hanya Kota Makassar yang memastikan kandidatnya melaju ke kursi wali kota. Bahkan di Kabupaten Luwu,kandidat yang diusung Partai Golkar, Basmin Mattayang-Buhari Kahhar Mudzakkar (Matahari) dipastikan kalah dengan kandidat yang diusung PBB, PBR, dan PKS, Andi Mudzakkar- Syukur Bijak (CS).

Berdasarkan real count yang dilakukan Tim CS hingga pukul 23.30 Wita tadi malam, paket CS memperoleh 74.056 suara atau 46,53%, disusul Matahari 55.652 suara (34,96%), Amal 15.021 suara (9,44%), dan Perisai 14,444 suara atau 9,07%. Dua daerah lainya, yakni Wajo dan Sidrap, masih terjadi saling klaim kemenangan. Di Sidrap, Golkar mengumumkan bahwa paket yang diusungnya, Andi Walahuddin- Andi Insan P Tanri (Walani) sebagai pemenang.

Tapi, klaim itu dimentahkan oleh hasil quick count PT Lingkaran Survei Indonesia (LSI) yang kemarin merilis kemenangan pasangan Rusdi Masse-Dollah Mando (Ridho). Dari 200 TPS yang menjadi sampel PT LSI, Ridho unggul 35,34%, dan mendudukkan pasangan yang diusung Partai Bintang Reformasi (PBR) dan Partai Amanat Nasional (PAN) menjadi pemenang Pemilu Kepala Daerah Sidrap.

Paket Walani yang diusung Partai Golkar selisih hanya lebih 2% di bawah Ridho, yakni 32,67%.Pasangan yang diusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Demokrasi Kebangsaan (PDK), dan Partai Karya Peduli Bangsa (PKPB), Rapiddin Hamoes- Amrin Hatib (Rahmat) memperoleh suara 12,34%. Perolehan itu hanya selisih 1% dari pasangan Syafiuddin A Achmad-Yuriadi Abadi (Cahaya), yang mengumpulkan dukungan sebanyak 11,62%.

Adapun posisi kelima adalah pasangan Asri Syamsuddin-Adam Malik yang diusung Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP), memperoleh 5,32%. Posisi kunci,ditempati pasangan Syafruddin Patiwiri- Isi Alam Usmin (Satria) yang memperoleh dukungan senilai 2,71%. ”Tingkat partisipasi pemilih dalam Pemilu Sidrap sebesar 75,31%. Sementara sampling error sekitar 1%.Data sampel yang masuk sebanyak 99,5% dari 199 TPS.

Sementara TPS sampel kami sebanyak 200,”kata peneliti PT LSI Setya Dharma. Setya menjelaskan,dalam penghitungan cepat PT LSI, Ridho unggul di Kecamatan Baranti,Kulo,Panca Rijang, Dua Pitue, Pitu Riase, Pitu Riawa. Sementara Pasangan Walani unggul di Kecamatan Maritengae, Watang Sidenreng, Panca Lautang, Tellu Limpoe,dan Watang Pulu. Menanggapi penghitungan cepat itu, calon Bupati Sidrap Rusdi Masse mengaku tetap akan menunggu hasil resmi KPU.

”Saya tentu saja sangat senang dengan hasil itu.Tapi kami tetap menunggu hasil resmi dari KPU Sidrap,” kataDirekturUtamaBayumas Jasa Mandiri Jakarta itu. Sementara Pemilu Kepala Daerah Pinrang,terpaksa harus masuk ke putaran kedua, menyusul tidak adanya kandidat yang mampu tembus 30% sesuai persyaratan undang- undang. Hampir dipastikan, dua pasangan kandidat, yakni Aslam Patonangi- Kaharuddin dan Irwan Hamid- Nurrachmi Sappewali akan terpilih masuk ke putaran kedua.

Bupati-Ketua DPRD Beri Selamat

Sementara itu, sekitar pukul 19.30 Wita malam tadi, Bupati Luwu Bahrum Daido berkunjung ke kediaman Andi Mudzakkar di Kelurahan Sabe, Belopa, untuk memberikan ucapan selamat Andi Mudzakkar alias Cakka.

Bahrum mengimbau kepada kepada warga Luwu untuk tetap menjaga situasi agar tetap kondusif menjelang penetapan calon terpilih nantinya.” Saya berharap kepada semua warga agar tetap menjaga keamanan dan ketertiban untuk memperoleh hasil pemilu Luwu ini,” kata Bahrum sesaat sebelum meninggalkan kediaman Andi Cakka.

Sebelumnya,sekitar pukul 14.00 Wita Ketua DPRD Luwu Hj Hidayat Nurthalib juga melakukan silaturrahmi ke rumah Andi Cakka untuk memberikan ucapan selamat kepada cabup Luwu usungan PBB-PBR tersebut dengan wajah penuh haru atas perolehan suara yang diraih oleh paket Cakka-Siku.”Meski masih sementara tetapi saya yakin beliau akan menang pada pemilu Luwu ini,”katanya.

Terpisah,Ketua Tim Kampanye paket Perisai Irham Asad menyatakan, pihaknya menyambut baik siapa saja yang memenangkan pemilu Luwu ini.”Kami menyambut baik jika pilkada ini dinyatakan dimenangkan oleh salah satu kandidat sepanjang kemenangan itu diraih sesuai dengan aturan yang ada,” kata Irham kepada SINDO melalui telepon selulernya, kemarin.

Namun, perlu diketahui lanjutnya,perolehan suara dengan cara quick count seperti yang dilakukan oleh beberapa lembaga bukanlah bagian dari tahapan KPU, sehingga, pihaknya akan lebih menunggu keputusan dari KPU mengenai pemenang pilkada. (m syahlan/ abdullahnicolha/ asdhar/bakti m munir)

No comments: