Monday, November 23, 2009

DKCS Catat 3.000 Calon Peserta

Monday, 23 November 2009
POLEWALI (SI) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Polewali Mandar (Polman) menjelang peringatan hari jadi daerah tersebut bertekad meraih rekor Museum Rekor Indonesia melalui pernikahan massal sebanyak 3.000-an peserta.

Hal tersebut merupakan program Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (DKCS) setempat merencanakan pelaksanaan isbath nikah atau pengesahan pernikahan pasangan suami-istri (pasutri) secara massal bagi pasutri yang belum mempunyai akta nikah.

“Isbath nikah massal tersebut diharapkan bisa tercatat dalam rekor Museum Rekor Indonesia (Muri),”ungkap Kepala Bagian Humas dan Protokol Polman M Danial kepada harian Seputar Indonesia (SI) via ponselnya,kemarin.

Informasi yang dihimpun SI,pelaksanaan kegiatan tersebut akan digelar dalam rangka peringatan HUT ke-50 Kabupaten Polman pada 29 Desember mendatang. Hingga kemarin,Dinas KCS setempat telah mendata calon peserta isbath nikah massal sekitar kurang lebih 3.000-an pasangan.

Bupati Polman Ali Baal Masdar juga telah meminta para camat mendata pasutri yang belum memiliki surat nikah untuk mengikuti isbath nikah massal tersebut. “Para camat diharap mendata pasangan suami-istri di wilayahnya sebagai calon peserta isbathnikah massal,”kata orang nomor satu di Bumi Todilaling ini.

Kabag Humas M Danial menambahkan, rencana tersebut telah dibicarakan dengan Pengadilan Agama Polewali dan pihak Kandep Agama yang akan membawakan Kantor Urusan Agama (KUA) kecamatan sebagai mitra camat dan kepala desa/ lurah untuk persiapan pelaksanaan isbath nikah massal dengan biaya yang akan ditanggung pemkab.

Data yang dihimpun SI, di Kabupaten Polman, ribuan pasutri yang telah mempunyai anak, cucu, bahkan cicit diketahui belum memiliki akta nikah.Hal tersebut terbukti saat anaknya mengurus akta kelahiran pada Dinas KCS. (abdullah nicolha)

No comments: