Tuesday, July 13, 2010

Alokasi PSDAPE Rp2,4 M

Tuesday, 13 July 2010
WATANSOPPENG(SI) – Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air,Pertambangan,dan Energi (PSDAPE) Kabupaten Soppeng tahun ini mendapatkan alokasi anggaran Rp2,450 miliar.

Dana tersebut bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) Rp2,037 miliar dan dana alokasi umum (DAU) yang bersumber dari APBD Soppeng sebesar Rp450 juta.

Sekretaris Dinas PSDAPE Soppeng Abdul Haiyyi K mengatakan, anggaran tersebut diperuntukkan khusus membiayai program kegiatan pembangunan fisik. Misalnya pembangunan jaringan irigasi, rehabilitasi beberapa saluran, bendungan, dan pemeliharaan bantaran tanggul sungai.

“Khusus DAK yang bersumber dari APBN sebesar Rp2,037 miliar itu diperuntukkan membiayai proyek fisik yang dibagi dalam 21 paket pengerjaan, di antaranya peningkatan dan rehabilitasi saluran irigasi dan bendungan,” katanya kemarin.

Haiyyi yang didampingi staf bagian pelaporan Salmah menjelaskan, dari 21 paket proyek, hanya 14 paket yang anggarannya mencapai Rp100 juta hingga Rp250 juta. Sementara tujuh paket lainnya hanya dianggarkan Rp50 juta per paket.

Dari informasi yang dihimpun, anggaran yang bersumber dari DAU sekitar Rp450 juta tersebut akan dialokasikan untuk pengembangan, pengelolaan jaringan irigasi, dan jaringan pengairan lainnya yang tersebar di daerah berjuluk Kota Kalong itu. Untuk kegiatan proyek tersebut, dinas terkait membagi dalam dua paket pengerjaan.

Masingmasing pengembangan lining saluran irigasi yang terdapat di Desa Maccili dengan anggaran sekitar Rp175 juta,dan pembuatan saluran irigasi Cumpunge di Kecamatan Marioriwawo.

Sekretaris Dinas PSDAPE Soppeng ini menambahkan, program pembangunan lain yang dialokasikan di dinas tersebut pada anggaran 2010 ini adalah proyek pengendalian banjir, rehabilitasi,danpemeliharaan bantaran tanggul sungai Kampung Baru Kecamatan Donri-Donri.

“Paket pekerjaan proyek pembuatan tebing sungai Kampung Baru ini akan menghabiskan anggaran Rp155 juta,” tandas bagian pelaporan Dinas PSDEPE Kabupaten Soppeng Salmah. (abdullah nicolha)

No comments: