Saturday, April 2, 2011

PDK Siap Hadapi Verifikasi Parpol

Saturday, 02 April 2011
MAKASSAR– Jajaran pengurus Partai Demokrasi Kebangsaan (PDK) Kota Makassar mengklaim bahwa partainya sebagai yang pertama kali siap menghadapi verifikasi, khususnya di Sulsel, bahkan di seluruh Indonesia.

Ketua PDK Kota Makassar Samsu Niang menyebutkan,pihaknya telah merampungkan berkas administrasi untuk verifikasi di tingkat kelurahan dan kecamatan.Kendati sebelumnya ada kendala, hal itu telah diselesaikan dan mendapat rekomendasi dari 14 kecamatan di Makassar.

”Intinya, belum ada partai yang telah melakukan verifikasi, kecuali PDK.Kendala-kendala yang dihadapi di lapangan sudah tidak ada lagi, semuanya sudah selesai,”kata dia kepada wartawan di Sekretariat PDK Kota Makassar,kemarin.

Komitmen menjadi partai pertama di Sulsel,bahkan di Indonesia, untuk menyerahkan berkas administrasi untuk verifikasi dibuktikan dengan menyerahkannya ke tim verifikasi internal DPP PDK Sulsel dan kepada Badan Kesatuan Bangsa (Kesbang) setempat,kemarin.

Wakil Ketua DPRD Kota Makassar ini menambahkan, bukti kalau partai yang dipimpinnya itu sebagai partai pertama yang siap verifikasi adalah dengan pengakuan sejumlah kecamatan yang belum menerima permintaan rekomendasi (format) serupa dari partai lain.

”Pengakuan bahwa kami yang pertama, disampaikan dari pihak kecamatan. Mereka belum pernah menerima permintaan seperti itu dan ini akan menjadi bahan percontohan di tingkat kecamatan untuk partai lain,”tandas dia.

Ketua DPP PDK Sulsel Adil Patu menyebutkan, dengan kerja keras yang dilakukan PDK Makassar ini, dapat menjadi semangat bagi para pengurus di kabupaten lain di Indonesia. ”Baru PDK yang urus tentang ini dan merupakan pertanda baik bagi kami,”ungkapnya sesaat setelah menerima rombongan PDK Makassar.

Ketua Fraksi PDK Sulsel ini menyebutkan, hal itu tentu menjadi catatan sejarah tersendiri di PDK.Secara resmi di Indonesia untuk tingkat kabupaten baru, Kota Makassar menjadi daerah yang pertama menyerahkan data kesiapan verifikasinya ke tingkat provinsi.

”Makassar adalah daerah pertama tingkat kabupaten menyerahkan data kesiapan verifikasi. Mudah-mudah ini akan menjadi semangat atau sumber inspirasi,motivasi,dan aspirasi bagi kabupaten lain yang ada di Indonesia,”ungkapnya.

Samsu Niang menambahkan, perampungan berkas administrasi tersebut dilakukan pascapelantikan pengurus PDK Makassar dengan menargetkan seluruh pengurus tingkat kelurahan sebanyak 150 kader, tapi kebanyakan mereka merekrut 100–143 orang.
 
Sekretaris PDK Kota Makassar Faizal Mahyuddin mengungkapkan bahwa saat ini pihaknya telah merampungkan berkas administrasi untuk menghadapi verifikasi partai. ”Semuanya sudah rampung dan kami siap diverifikasi,” kata dia saat mendampingi ketuanya.

Ketua Tim Verifikasi DPP PDK Sulsel Mustaman menjelaskan, sebelumnya telah menargetkan untuk verifikasi tingkat kecamatan hingga 31 Maret, tapi beberapa kendala yang ditemui sehingga masih ada sekitar 30-an kecamatan yang belum dirampungkan,yakni di Kabupaten Bantaeng dan Selayar.

”Target kabupaten, April sudah masuk semua.Di dua kabupaten ini ada sedikit kendala, tapi kami optimistis segera dirampungkan,”tandas dia. abdullah nicolha

No comments: