Thursday, June 2, 2011

Palaguna Dukung Duet Syahrul-Ilham


Thursday, 02 June 2011
PALOPO - Wacana menduetkan Syahrul Yasin Limpo dan Ilham Arief Sirajuddin sebagai calon gubernur dan wakil gubernur di Pemilihan Gubernur Sulsel 2013 mendatang, mendapat dukungan dari Ketua PDIP Sulsel HZB Palaguna.

“Secara pribadi saya menginginkan Syahrul dan Ilham maju berpasangan. Sebagai Ketua PDIP Sulsel, saya akan mendorong mereka maju berduet untuk memenangkan Pilgub 2013 dan bersama-sama memimpin Sulsel lima tahun ke depan,”ujar Palaguna kepada SINDO,di Palopo kemarin.

Palaguna hadir di Palopo dalam rangka peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Juni,dan pelantikan 42 PAC PDIP se- Luwu Raya di Gedung SaodenraE Convention Centre. Sejak wacana duet Syahrul-Ilham bergulir di Sulsel,Palaguna menilainya sebagai hal yang positif dan ideal untuk kepemimpinan 2013-2018 di Sulsel.

“Kepemimpinan Syahrul dan Ilham sangat dibutuhkan di Sulsel. Saya siap mendukungnya, dan partai saya siap bersama- sama mereka memenangkan pilgub,”jelas Palaguna.

Menurut mantan Gubernur Sulsel dua periode ini, jika Ilham maju mendampingi Syahrul, tidak berarti ketokohannya kalah dari Syahrul, sebab kedua tokoh ini akan saling melengkapi satu sama lainnya.

Palaguna menambahkan, DPD PDIP Sulsel tidak memprioritaskan kadernya maju di Pilgub Sulsel sehingga sangat memungkinkan ikut mengusung pasanganSyahrul-Ilhamjikadua tokoh ini maju berpasangan.

Namun, jika duet ini kandas,Palaguna menyatakan PDIP kemungkinan besar masih akan mengusung Syahrul sebagai calon gubernur. “PDIP salah satu partai pengusung Syahrul di pilgub lalu, maka kemungkinan masih sama calonnya,”tegasnya.

Dukungan untuk duet Syahrul-Ilham sebelumnya juga diungkapkan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI asal Sulsel Aziz Qahar Mudzakkar. Menurut dia, jika keduanya dipasangkan, maka itu akan menurunkan tensi politik dan memungkinkan pilgub berjalan tertib dan aman.

Namun,keinginan menduetkan dua tokoh berpengaruh di Sulsel ini belum mendapat sinyalemen positif, baik dari kader Partai Golkar Sulsel yang dipimpin Syahrul,maupun dari Partai Demokrat yang dipimpin Ilham.

Wakil Ketua DPD I Partai Golkar Sulsel Moh Roem mengatakan, pihaknya sejauh ini belum membahas soal calon wakil gubernur yang akan mendampingi Syahrul.“Belum ada pemikiran untuk cawagub, kami masih fokus di cagub dulu,”ungkapnya.

Dari kubu Partai Demokrat, Wakil Ketua DPD I Demokrat Sulsel Andry S Arief Bulu menyatakan, sejauh ini kader Demokrat tetap menginginkan Ilham maju sebagi calon gubernur.

Soal wacana menduetkan Syahrul-Ilham, wakil ketua DPRD Sulsel ini mengakui hal itu belum pernah dibicarakan di internal Demokrat. “Yang pasti, saat ini Demokrat tetap menargetkan posisi gubernur, bukan wakil gubernur,” ujar Andry. (chaerul baderu/abdullah nicolha)

No comments: