Wednesday, December 24, 2008

Pemberlakuan Mobil Rental bagi Pejabat Dikaji

Monday, 22 December 2008

MASAMBA(SINDO) –DPRD Kabupaten Luwu Utara (Lutra) akan mengkaji kebijakan Bupati Lutra HM Luthfi A Mutty yang ingin memberlakukan rental mobil bagi para pejabat daerah yang dipimpinnya.

Wakil Ketua DPRD Lutra Mahfud Yunus menyatakan, akan mengkaji sebelum hal itu diterapkan pemerintah kabupaten (pemkab),yakni dari sisi dampaknya bagi daerah.

“Sebelum mobil rental diterapkan bagi para pejabat, kami perlu mengkaji dulu manfaatnya. Kalau manfaatnya lebih besar,kenapa tidak diterapkan.Akan tetapi, jika mudaratnya lebih besar mungkin sebaiknya tidak,” kata legislator Golkar tersebut kepada SINDO,kemarin.

Beberapa waktu lalu,Bupati Lutra HM Lutfi A Mutty berencana mengeluarkan kebijakan akan melelang mobil dinas dan memberlakukan mobil rental bagi para pejabat di daerah pada 2009 mendatang. Berbeda dengan Dewan Pimpinan Cabang Asosiasi Kontraktor Listrik dan Mekenikal Indonesia (Akli) Lutra yang langsung merespons kebijakan tersebut dan menyetujui pemakaian mobil rental bagi pejabat di daerah itu nanti.

Ketua DPC AKLI Lutra Ambo Upe menyatakan, penerapan kebijakan Pemkab Lutra memberlakukan sistem rental dengan melelang mobil dinas yang ada di daerah itu,akan menghemat anggaran daerah serta akan memberdayakan kontraktor yang akan ikut berkompetisi menyiapkan mobil rental.

“Hal ini sangat luar biasa, yaitu kebijakan Bupati Lutra menerapkan sistem mobil rental bagi pejabat,” ujarnya. Sistem rental yang nanti akanditerapkandiLutratersebut akan sama dengan yang diberlakukan di PLN dan perusahaan- perusahaan besar lainnya.

Sekretaris DPC AKLI Retno Syarif mengungkapkan bahwa penerapan kebijakan mobil rental dengan melelang mobil dinas yang ada sehingga efisiensi dan efektivitas Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) akan semakin jelas dan terukur.

Pasalnya,kendaraan yang selama ini digunakan para pejabat sudah layak diganti dengan kendaraan yang kondisinya jauh lebih bagus.Dalam melaksanakan tugas di lapangan,tidak diragukan lagi kerusakan kendaraannya. (abdullah nicolha)

No comments: