Wednesday, June 9, 2010

Enam Calon Wakil Bupati Tak Hafal Pancasila

Tak Hafal Pancasila. Nampak enam Cawabup yang maju di Pilkada Soppeng ternyata tidak hafal naskah pancasila secara lancar pada acara debat Cawabup di Gedung KONI Watansoppeng kemarin. Dari tujuh calon hanya Supriansa (ujung kanan) paket SULAPA yang mampu menghafal dengan lancar.

Thursday, 10 June 2010
WATANSOPPENG (SI) – Enam cawabup yang maju di Pilkada Soppeng tidak hafal Pancasila. Fakta itu terungkap saat debat terbuka hari terakhir di gedung Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Watansoppeng kemarin.

Dari tujuh cawabup yang tampil dalam debat tersebut,hanya cawabup Supriansa dari pasangan Sulham Hasan- Supriansa (SULAPA) yang hafal dengan lancar. Sebagian besar cawabup terbata- bata dan tidak beraturan saat diminta menyebutkan satu persatu dari lima sila yang termaktub dalam Pancasila.

Cawabup Andi Hendra Pabeangi dari paket Syamsu Niang-Andi Hendra Pabeangi (SAUDARATA) yang menjadi pemicu ketika mendapat kesempatan bertanya kepada enam calon lain.

“Pertanyaan saya yakni, saya minta agar menghafalkan Pancasila,” katanya.Tantangan itu itu ditujukan kepada semua calon.

Cawabup Basrah Gissing dari paket Andi Herdi-Basrah Gissing (HIBAH) mendapat giliran pertama. Dia terbata-bata, begitu juga Kyai Muda Sulaeman paket Andi Sarimin Saransi- Kyai Muda Sulaeman (AS-SALAM).Sementara Aris Muhammadia dari paket Andi Soetomo- Aris Muhammadia (ASmo- BERKHARISMA) juga terbatabata dan tak berurutan.

Sedangkan Andi Rizal Mappatunru pasangan paket Andi Kaswadi Razak-Andi Rizal Mappa-tunru (AKAR) lancar menyebutkan sila pertama hingga ketiga, tapi di sila kelima dia membuat keke-liruan. Cawabup Sukman Junuddin dari paket Andi Taufan Alie-Sukman Junuddin (ATM-Suka) pun terbata-bata.

Cawabup Basrah Gissing yang memiliki kesempatan bertanya kepada keenam calon lainnya memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menguji hafalan Cawabup SAUDARATA Andi Hendra dengan meminta untuk turut menghafalkan naskah Pancasila. “Kami juga ingin mendengarkan bagaimana cawabup SAUDARATA mengucapkan Pancasila,” tantangnya.

Ternyata, Andi Hendra juga terbata-bata dan tidak berurutan. Divisi Penyelenggara KPU Soppeng Marwis mengungkapkan, setelah pemaparan visi dan misi, serta debat kandidat selama tiga hari, pihaknya akan menggelar kampanye terbuka selama 10 hari, 10-19 Juni.

Sementara itu di luar gedung, puluhan anggota Panwascam menggelar aksi menuntut KPU adil dan tidak diskriminatif. (abdullah nicolha)

2 comments:

andi vivi wittiri said...

yg penting happy.....and damai slalu SOPPENG


By: FOKUS MERDEKA NET

nicolha said...

pastinya gitu kawan, biar beda pilihan asal tetap akur. smoga. siapa pun pemenangnya mari terima dgn lapang dada karna itulah yg terbaik