Monday, August 9, 2010

Pemkab Polman Sediakan Bibit Gratis

Sunday, 08 August 2010
POLEWALI (SI) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Polewali Mandar (Polman) menyediakan bibit (benih) gratis bagi para petani yang mengalami kerugian akibat musibah banjir yang merendam areal persawahan mereka.

Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Polman Abd Salam mengatakan, hal tersebut untuk meringankan beban petani akibat gagal panen.

“Bantuan itu supaya petani dapat segera kembali mengolah sawahnya dan ditanami padi. Masalah ini disebabkan bencana alam sehingga Pemkab menyediakan bantuan bibit gratis untuk petani,” ungkapnya pekan lalu.

Berdasarkan data yang dihimpun, petani yang mengalami kerugian di kabupaten induk Mamasa itu tercatat 277 keluarga yang tersebar di dua kecamatan, yakni Kecamatan Mapilli dan Luyo.

Pemkab setempat juga memprediksi bahwa kerugian akibat banjir di sejumlah desa di dua kecamatan sekitar Rp4,8 miliar atau sekitar 279 hektare (ha) sawah dipastikan gagal panen karena terendam banjir.

Asumsinya setiap hektare menghasilkan sekitar tujuh ton gabah. Harga gabah setiap kilogram adalah Rp2.500.

“Berdasarkan laporan sementara dari kecamatan,areal persawahan yang terendam dan hampir pasti gagal panen mencapai 279 ha.Semuanya sulit diselamatkan karena sudah empat hari terendam,”tuturnya.

Kepala Desa Rumpa,Kecamatan Mapilli, Sedi Karim, mengatakan, sedikitnya 100 ha mengalami puso dan gagal panen karena terendam banjir. (abdullah nicolha)

No comments: