Sunday, November 7, 2010

Diare Serang Calhaj Sidrap

Saturday, 06 November 2010
MAKASSAR (SINDO) – Seorang jamaah calon haji (calhaj) asal Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap), warga Kelurahan Maccorawalie, Kecamatan Pancarijang, Irawang, 70, terserang diare dalam perjalanan menuju Asrama Haji Sudiang Makassar kemarin.

Hal tersebut terjadi saat rombongan calhaj Sidrap yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 35 itu ingin menunaikan salat subuh berjamaah di Masjid Agung, Kabupaten Maros.

“Ada satu jamaah yang terserang diare saat ingin kami berhenti di Maros untuk menunaikan ibadah salat subuh sehingga harus mendapatkan perhatian khusus tim medis,” ungkap ketua kloter 35 embarkasi Makassar Abd Rahim kepada SINDO di pelataran Masjid Quba Asrama Haji Sudiang,kemarin.

Dengan kondisi tersebut, Irawang terpaksa langsung dibawa ke Poliklinik Mustasyfa saat tiba di Asrama Haji Sudiang untuk mendapatkan perawatan tim medis setempat.

Beruntung, diare yang menyerang pria paruh baya itu tidak berlangsung lama setelah tim medis menangani dan memberinya perawatan khusus sehingga bisa kembali bergabung dengan ratusan calhaj lainnya.

“Alhamdulillah, setelah mendapatkan perawatan di Poliklinik, kondisinya (Irawang) membaik dan saat ini bisa kembali bergabung dengan calhaj lainnya,” ujar Rahim.Kendati demikian, calhaj tersebut harus mendapatkan perhatian khusus tim medis mengingat usianya sudah tergolong tua.

Menyinggung tentang kesehatan calhaj Sidrap secara umum,Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Pancarijang ini mengatakan, kondisi kesehatan para jamaah Sidrap tidak mengkhawatirkan, pasalnya rata-rata yang berangkat haji tahun ini tergolong muda.

“Kalau melihat dari kondisi kesehatannya, hanya sedikit yang tergolong berisiko tinggi tidak sampai 10 orang, jadi kebanyakan yang masih muda,”pungkasnya.

Selain Irawang,satu calhaj lainnya asal Makassar yang juga tergabung dalam kloter 35 embarkasi Makassar, Sitti Maimunah Dg Paning, 80, juga terpaksa dirawat di Poliklinik Mustasyfa karena kondisi tubuhnya yang sangat lemah, bahkan wanita paruh baya itu diketahui menderita penyakit TBC.

Seorang keluarga pasien yang mendampinginya di ruang perawatan kemarin mengatakan bahwa tantenya tersebut memang sudah sangat tua,tapi memiliki keinginan kuat bisa berhaji.

Kepala Bidang Kesehatan PPIH Embarkasi Makassar dr Irwan mengatakan, kondisinya baik, tapi karena sudah tergolong tua harus mendapatkan perhatian khusus tim medissaatberadadi TanahSuciMekkah.

Calhaj asal Sidrap yang tergabung dalam kloter 35 sebanyak 259 yang bergabung dengan calhaj asal Kota Makassar yang dijadwalkan akan diberangkatkan besok (hari ini).Sementara kouta yang diperoleh Sidrap pada tahun ini sebanyak 260 orang. (Abdullah nicolha)

No comments: