Friday, November 12, 2010

Fasilitas Asrama Dikeluhkan

Monday, 08 November 2010
MAKASSAR (SINDO) – Sejumlah calon haji (calhaj) asal Sulawesi Barat (Sulbar) mengeluhkan fasilitas air conditioner(AC) yang disediakan pengelola Asrama Haji Sudiang karena tidak berfungsi maksimal.

Akibatnya, sejumlah calhaj, terutama pria, terpaksa membuka baju didalam kamar karena merasa kepanasan, meski AC telah dinyalakan. “Saya terpaksa buka baju di tengah malam karena kepanasan dan tidak bisa tidur.AC sudah dinyalakan, tetapi tidak berfungsi maksimal dan buktinya masih panas,”ujar salah seorang calhaj asal Sulbar, Ahmad, kepada SINDO di Asrama Haji Sudiang Makassar kemarin.

Hal tersebut mungkin terjadi karena fasilitas AC yang disediakan tidak sesuai kondisi ruangannya yang ditempati beberapa orang. Seharusnya daya tampung kamar disesuaikan dengan pendingin ruangan agar calhaj nyaman saat beristirahat.

Hal senada diungkapkan calhaj lain asal Kabupaten Pangkep yang tergabung dalam kloter 40, Ismail Hamid. Menurutnya, sejak masuk Asrama Haji pada pagi harinya hingga siang kemarin,dia tidak bisa beristirahat cukup di kamar karena kepanasan.

“Terus terang kami di wisma 5 tidak bisa istirahat tidur siang karena panas sekali seperti terpanggang sehingga kami keluar dari kamar,” ungkapnya kepada SINDO di Asrama Haji Sudiang Makassar kemarin.

Meski mengenakan pakaian tipis, dia tetap merasa kepanasan. Akibatnya, waktu istirahat sebelum pemberangkatan tidak maksimal digunakan jamaah. “Jadi,kami tidak nyaman di kamar dan terpaksa keluar karena biar sudah memakai baju tipis tetap saja panas,”tutur dia.

Ismail berharap masalah semacam ini dapat segera dibenahi agar jamaah yang masuk dapat merasa nyaman.Dia juga mengaku telah menyampaikan masalah tersebut kepada pengelola Asrama Haji Sudiang untuk segera dibenahi.

Kepala Seksi Penyuluhan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Sulbar Dahri Patong juga mengeluhkan hal serupa.Menurutnya, kondisi di kamar terasa panas karena AC yang disediakan panitia tidak berfungsi maksimal yang mengakibatkan jamaah tidak nyaman berada di kamar.

Kepala Bidang (Kabid) Tatagraha BPAH Asrama Haji Sudiang Makassar Abd Rasyid Usman yang dikonfirmasi SINDO, membantah ada AC yang tidak menyala atau rusak.Sebelum proses penerimaan calhaj,seluruh fasilitas yang ada di asrama telah dicek dan yang rusak diganti,termasuk AC.

“Sebelum proses penerimaan calhaj,semua fasilitas sudah dicek dan bisa digunakan,tapi tidak tahu pastinya kalau memang ada yang rusak, cuaca panas yang dirasakan memang terjadi,saya di kamar juga merasakannya,mungkin itu karena padatnya jamaah, ”ungkapnya.

Dari informasi yang dihimpun, semua kamar yang ada di Asrama Haji Sudiang difasilitasi semua dengan satu AC, tapi dalam beberapa hari terakhir hal itu dikeluhkan sejumlah calhaj karena dinilai tidak berfungsi maksimal. (abdullah nicolha)

No comments: