Thursday, May 14, 2009

Mamuju Siapkan Siswa Calon Praja IPDN

Wednesday, 13 May 2009
MAMUJU(SI) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mamuju menyiapkan lulusan sekolah menengah atas (SMA) untuk menjadi praja di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Jatinangor,Jawa Barat.

“Pemkab hanya sebagai fasilitator yang akan mengusulkan ke provinsi. Nanti di tingkat provinsi baru dilakukan seleksi,” ungkap Sekretaris Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKDD) Mamuju Syahrir Tahir Dany kemarin. Pemkab pun sebatas memeriksa syarat-syarat administrasi yang dibutuhkan. Misalnya, memeriksa nilai rata-rata siswa minimal 7,00 dan tinggi badan untuk putri 155 sentimeter dan putra 160 sentimeter.

“Karena belum ada pengumuman hasil UN, siswa yang mendaftar wajib menyertakan surat keterangan telah mengikuti UN dari kepala sekolah,”jelas dia. Sejauh ini baru sembilan sis-wa yang mendaftar di kantor BKDD. Jika nanti mereka dinyatakan tidak lulus UN atau nilai rata-rata STTB tidak mencukupi 7,00,dengan sendirinya akan dinyatakan gugur.

Tahun lalu, Pemkab Mamuju mengirimkan 20 siswa yang menjadi perwakilan untuk mengikuti seleksi. Tahap seleksi untuk bisa menempuh pendidikan di IPDN cukup panjang.Setelah dilakukan seleksi di tingkat provinsi, mereka kembali akan mengikuti tes di IPDN.

Meskipun begitu, Syahrir tetap optimistis bakal ada perwakilan dari Mamuju yang dapat melanjutkan studi di IPDN Jatinangor. “Setiap daerah tidak diberikan jatah tertentu, tetapi murni harus hasil ujian yang dijalani,” ungkapnya.

Selama masa pendidikan, status calon pegawai negeri sipil (CPNS) akan diusulkan, ketika Praja semester tiga. Saat itu pula mereka bisa menerima gaji. Jika lulus, otomatis nanti akan mengabdi ke daerah asal dan langsung menjadi PNS golongan III A.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sulbar Muh Jamil Barambangi mengaku,tidak mengetahui rencana itu karena yang menangani adalah pemkab dan Badan Kepegawaian Diklat Daerah (BKDD). “Kami tidak campur tangan dalam program tersebut.Yang jelas kami mendukung,”katanya. (abdullah nicolha)

No comments: