Tuesday, July 21, 2009

Batas Kabupaten Mamuju-Tana Toraja Tak Jelas

Monday, 20 July 2009

MAMUJU (SI) – Patok perbatasan antara Kabupaten Mamuju,Sulbar, dan Kabupaten Tator,Sulsel,hingga kini belum jelas. Pasalnya, pemerintah di dua daerah yang berbeda provinsi itu baru memasuki tahap pembicaraan.

“Sampai sekarang, kami belum mendapatkan informasi mengenai tindak lanjut penetapan batas wilayah karena untuk merealisasikan hal itu membutuhkan waktu yang lama,” kata Kepala Bagian Pemerintahan Pemkab Mamuju Bahrun Rasyid kemarin.

Menurut dia, patok batas wilayah Mamuju dan Tator baru sampai pada tahap pembicaraan. Bahrun mengaku, hal tersebut sangat sulit dilakukan.Alasannya, dua wilayah itu tidak hanya antara dua kabupaten, tetapi antara dua provinsi.

Batas wilayah antara Mamuju-Tator tersebut berada di bagian selatan Mamuju tepatnya di Kecamatan Kalumpang. Informasi yang dihimpun Seputar Indonesia, persoalan batas wilayah tersebut saat ini sedang berproses tapi belum keseluruhan.

Dia menambahkan,hal tersebut berbeda dengan penentuan batas wilayah antara Mamuju dan Mamuju Utara (Matra) yang dinilainya tidak sulit karena dua kabupaten itu berada dalam satu provinsi. Mengingat Mamuju-Tator berada di provinsi berbeda sehingga kemungkinan penentuan batasnya dilakukan secara sharing antara dua kabupaten.

Kabag Pemerintahan Pemkab Mamuju ini juga mengaku, hingga saat ini belum dapat memastikan kapan patok perbatasan dua daerah tersebut ditentukan mengingat banyaknya program prioritas yang belum dilakukan.

Program prioritas yang masih akan dilakukan, di antaranya perampungan batas wilayah Mamuju- Mamuju Utara (Matra), pembentukan Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng), dan pembentukan Kota Mamuju.

Wakil Bupati Mamuju Muhammad Umar P menandaskan,persoalan saat ini sementara dalam proses penetapan batas wilayah Mamuju dan Tator. Dia menyebutkan, pihaknya pernah menjadwalkan pembahasan terkait masalah itu di Hotel Clarion Makassar bersama pemerintah terkait tapi tertunda.

“Kami pernah menjadwalkan pertemuan dengan Pemkab Tator, tetapi saat itu tertunda,”katanya kepada Seputar Indonesia via ponselnya kemarin.Kendati demikian, pihaknya yakin masalah tersebut segera diselesaikan dalam waktu dekat ini. (abdullah nicolha).

No comments: