Tuesday, September 8, 2009

Rumah Korban Banjir Dibangun

Tuesday, 08 September 2009

POLEWALI(SI) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Polewali Mandar (Polman) membangun 450 unit rumah untuk korban banjir di Kecamatan Tinambung dan Alu. Banjir yang terjadi pada Januari lalu menewaskan 13 warga setempat.

Pembangunan rumah tersebut mulai dilaksanakan para prajurit TNI. Pembangunan diawali dengan peletakan batu pertama Bupati Polman Ali Baal Masdar di Kappung Talolo, Desa Lekopadis,Kecamatan Tinambung, Senin, (7/9) sore lalu.

Di lokasi tersebut, akan dibangun 200 rumah dan 250 rumah lainnya di Kecamatan Alu yang merupakan pusat bencana. “Jadi, jumlah keseluruhan yang akan dibangun 450 unit yang tersebar di sejumlah lokasi banjir,” ungkap Kabag Humas Polman M Daniel kemarin.

Bupati Polman Ali Baal Masdar berharap, pelaksanaan pengerjaan rumah korban banjir oleh para prajurit TNI berlangsung lancar yang rencananya berlangsung selama 120 hari kalender.

Orang nomor satu di Bumi Todilaling tersebut mengimbau masyarakat ikut berpartisipasi sebagaimana yang telah ditunjukkan selama ini. Dalam pengadaan tanah lokasi perumahan, pemilik tanah telah memberi kontribusi meringankan beban pemkab terkait harga tanah.

“Kami berharap partisipasi masyarakat dan berbagai pihak lainnya untuk kelancaran pembangunan rumah bagi korban banjir dan kegiatan lain untuk pemulihan para korban,”tuturnya.

Sebanyak 450 unit rumah itu merupakan bantuan pemerintah pusat melalui Departemen Sosial (Depsos) berkerja sama dengan Markas Besar (Mabes) TNI sebagai pelaksana pengerjaan fisik.

Setiap rumah, konstruksi semipermanen tipe 30 ukuran 5x6 meter senilai Rp15.000.000/unit. Dandim 1402 Polmas Letkol Inf Furdiantosa mengatakan, pihaknya akan melaksanakan pekerjaan sebaik mungkin dan selesai tidak melewati batas 120 hari kalender. Setiap hari akan dilibatkan 50 personel TNI, 50 warga, dan unsur pemerintah setempat melaksanakan pekerjaan fisik.

Peletakan batu pertama dihadiri Kajari Polewali Saring,Wakapolres Kompol Didin, perwira menengah Intel dan Operasi Korem 142 Tatag/Parepare, Kadis Sosial Tenaga Kerja Transmigrasi (Sosnakertrans) Polman Mahyuddin Ibrahim, para camat,Danramil,dan kapolsek setempat.

Warga yang sejak lama menunggu realisasi janji pembangunan rumah, bersukur dan berharap pembangunan segera rampung. “Mudah-mudahan segera selesai dan mutunya baik sehingga kami bisa menempati dengan tenang,” ujar salah seorang warga Lekopadis,Saniasa,35. (abdullah nicolha).

No comments: