Monday, September 7, 2009

Saingan Incumbent Bertambah

Sunday, 06 September 2009

WATANSOPPENG(SI) – Memasuki pekan terakhir pendaftaran bakal calon bupati (cabup) yang dilaksanakan Partai Amanat Nasional (PAN) Soppeng terus mendapat lirikan dari beberapa figur di Bumi Latemmamala tersebut.

Bahkan, incumbent Soppeng Andi Soetomo kembali mendapat saingan untuk mengendarai partai berlambang matahari terbit tersebut selain Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Sulsel Andi Sulhan Hasan yang lebih dulu resmi mendaftarkan diri, kini pejabat Pemkab Bone, Andi Singkeru juga telah resmi mengembalikan formulir pendaftaran.

“Jadi, Andi Singkeru juga sudah resmi mengembalikan formulirnya di PAN sekitar pukul 16.00 Wita,Jumat (4/9) lalu yang diantar oleh 20-an anggota keluarga dan pendukungnya mendatangi sek-retariat PAN di Jalan Merdeka Watansoppeng hingga pukul 17.00 Wita,” ungkap Ketua Tim 9 bakal calon bupati DPD PAN Soppeng Wardihan kepada Seputar Indonesia( SI),kemarin.

Hanya, pihaknya belum dapat memastikan apakah akan mengusung salah satunya atau tidak.”Tergantung nanti hasil survei yang dilakukan DPW. Kalau memang signifikan, tentu akan menjadi pertimbangan dan prioritas utama untuk diusung.Saya tidak bisa berspekulasi, siapa di antara kedua tokoh yang paling diinginkan masyarakat,” ujar mantan anggota DPRD Soppeng ini.

Sementara Prof. Jalaluddin Rahman dan mantan Wakil Bupati (Wabup) Soppeng Syarifuddin Rauf masih sebatas mengambil formulir, namun keduanya dikabarkan akan mengembalikan dalam waktu dekat.

Dia juga menyebutkan, setelah perpanjangan waktu pendaftaran ini berakhir maka pihaknya akan segera membuka pendaftaran untuk bakal calon wakil bupati (cawabup). “Setelah ini berakhir, kami akan segera membuka pendaftaran untuk bakal cawabup,”tandas dia.

Pihaknya juga memberikan kesempatan kepada bakal cabup untuk mencari pasangan sendiri atau dukungan dari partai lain pasalnya, PAN masih membutuhkan suara untuk mengusung salah satu pasangan pada Pilkada Soppeng 2010 mendatang.

Kendati demikian,pihaknya tetap akan melihat partai yang kualifie untuk bekerjasama dalam memenangkan bakal cabup-cawabup yang nanti diusung. “Yang jelas, partai tersebut dapat bekerjasama untuk memenangkan calon yang kami usung,”tutur dia.

Andi Singkeru sendiri saat mengembalikan formulirnya di hadapan tim penjaringan cabup PAN menyatakan,pihaknya tidak terlalu mempermasalahkan apakah nanti diusung pada pencalonan cabup atau pun cawabup asalkan ada komitmen yang telah dibangun.

“Bagi kami tidak menjadi masalah 01 (cabup) atau 02 (cawabup) asalkan ada komitmen antara pasangannya nanti, karena kita ketahui tugas dan tanggungjawab seorang wakil bupati dapat diberikan sepenuhnya nanti,” ungkap Andi Singkeru seperti dikutip Wardihan,kemarin.

Sebelumnya, Andi Soetomo yang saat ini menjabat sebagai Bupati Soppeng dan resmi mendaftar sebagai bakal calon bupati di partai bentukan tokoh reformasi Amien Rais tersebut optimistis akan dapat mengendarai PAN pada Pilkada Soppeng 2010 mendatang.

Alasannya, dirinya dan DPD PAN Soppeng telah memiliki ikatan emosional karena PAN juga merupakan partai yang mengusungnya pada Pilkada Soppeng 2005 lalu. “Perlu saya sampaikan bahwa, biar bagaimana pun saya tidak akan lepas dengan PAN, karena PAN adalah kendaraan mulus saya pada Pilkada 2005-2010 lalu, jadi memang sudah ada ikatan emosional,” jelas Soetomo kepada wartawan seusai mendaftar di Sekretariat DPD PAN Soppeng,belum lama ini.

Jadi, lanjut dia, saat pendaftaran cabup-cawabup dibuka, pihaknya harus cepat-cepat mendaftar kepada mereka (PAN) karena memang inilah yang memberi bahan dan materi bagaimana Soppeng ke depan 2005-2010.

“Ini saya sudah laksanakan amanah dari PAN.Jadi,amanah itu kembali saya perlihatkan kepada mereka bahwa kendaraan PAN adalah kendaraan yang paling kualifie bagi saya selama ini,” pungkas dia. (abdullah nicolha)

No comments: