Monday, December 28, 2009

Ciptakan Replika Peta Terbesar

Monday, 28 December 2009
POLMAN MASUK MURI

POLEWALI (SI) – Kabupaten Polewali Mandar (Polman) Sulawesi Barat (Sulbar) memasuki usia yang ke 50 tahun berhasil menorehkan prestasi dalam Museum Rekor Indonesia (MURI). Prestasi itu berupa pembuatan replika peta administrasi Kabupaten Polman terbesar di Indonesia berukuran 14,5 x 16,5 meter.

Replika peta tersebut kini tercatat sebagai replika peta terbesar di Indonesia. Prestasi tersebut, memecahkan rekor sebelumnya pembuatan peta wisata berukuran 8x12 meter pada 2008.

Bupati Polman Ali Baal selaku pemrakarsa, menerima piagam penghargaan dari MURI yang diserahkan langsung Direktur MURI Paulus Pangka di Gedung "Gadis" Polman Minggu (27/12) lalu.

Pembuatan replika peta administrasi kabupaten tersebut, melibatkan 2009 orang yang melambangkan tahun 2009. Mereka, terdiri 1.300 murid puluhan sekolah dasar (SD), mahasiswa, panitia, dan prajurit Kompi B/721 Makkasau. Bupati Ali Baal, menggenapkan jumlah 2010 peserta yang terlibat dalam pembuatan replika peta, yang melabangkan tahun 2010 akan segera tiba.

Ukuran lebar replika peta 14-meter (lebih setengah meter), melambangkan jumlah kerajaan dalam wilayah Mandar yang terdiri tujuh di hulu sungai (pitu ulunna salu) dan tujuh di muara sungai (pitu ba'bana binanga). Adapun tinggi replika peta 16,5 meter, melambangkan jumlah kecamatan di Kabupaten Polman.

Koordinator pembuatan replika peta, Fadhly Anwar mengatakan, lebar peta 14 meter dapat pula dimaknai sebagai luas wilayah Kabupaten Polman 1.400 kilometer persegi.

Ali Baal menyatakan bersyukur atas keberhasilan pembuatan replika peta administrasi memecahkan rekor MURI. “Prestasi ini, adalah hasil kerja keras, kerjasama dan dukungan berbagai pihak, Prestasi ini harus menjadi motivasi bagi kita untuk terus meraih keberhasilan," ujarnya. (abdullah nicolha).

No comments: