Tuesday, February 2, 2010

ASA Terancam Tak Penuhi Syarat

Tuesday, 02 February 2010
WATANSOPPENG(SI) – Wakil Bupati (Wabup) Soppeng Andi Sarimin Saransi yang bertekad maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada ) Soppeng Juni 2010,terancam tidak dapat memenuhi syarat dukungan dari partai politik yang mengusungnya kelak.

Selama ini Partai Indonesia Baru (PIB) yang diklaimnya akan mendukung untuk bersama membangun Soppeng ke depan, ternyata malah mendukung calon lain,yakni Asisten II Pemprov Sulsel Andi Sulham Hasan.

Apalagi,Andi Sulham Hasan telah mendapat rekomendasi dukungan Partai Demokrasi Kebangsaan (PDK) untuk maju pada perhelatan pesta demokrasi lima tahunan di Bumi Latemmamala tersebut.

Andi Sarimin yang dihubungi kemarin, tidak berkomentar banyak terkait masalah tersebut. Namun, dia tetap yakin akan memenuhi syarat dukungan parpol pada Pilkada Soppeng jika benar PIB mendukung Andi Sulham. “Jika benar PIB telah mendukung calon lain, tidak jadi masalah karena memang belum ada kata sepakat.

Tetapi, insya Allah kami tetap yakin bisa maju karena masih ada beberapa partai lain yang siap memberi dukungan,” katanya kepadaSeputar Indonesia (SI) melalui telepon selulernya, kemarin.

Wabup Soppeng saat ini juga masih menaruh harapan besar kepada Partai Demokrat yang masih melakukan proses pencalonan usungan pada Pilkada Soppeng Juni mendatang. “Kami masih berharap pada Partai Demokrat karena telah mengikuti proses penjaringan, insya Allah dalam waktu dekat akan ditentukan,” tandasnya.

Dari informasi yang dihimpun SI, PDK Soppeng telah memberikan warning kepada Andi Sulham untuk mencukupkan dukungan partai. Bila tidak terpenuhi dukungan koalisi partai, PDK Soppeng akan mencabut rekomendasi dukungan kepada Andi Sulham.

Bahkan sebelumnya, posisi mantan Kepala Dinas Perhubungan Sulsel itu sebagai bakal calon bupati dikabarkan terancam tidak diakomodir.Namun, Sulham mampu meyakinkan dan memberi jaminan kepada PDK,kalau tiga kursi tambahan untuk mencukupkan koalisi peraih dua kursi di DPRD Soppeng dapat dipenuhi, bahkan sudah berada dalam genggamannya.

Ketua Tim 9 DPK PDK Soppeng Andi Wadeng mengungkapkan, Sulham dapat meyakinkan PDK jika dukungan koalisi partai untuk maju di Pilkada Soppeng telah mencukupi.Jadi,posisi asisten II Sulsel itu tetap aman dan hampir dipastikan maju pada perhelatan demokrasi lima tahunan tersebut.

Menurut legislator PDK Soppeng ini, pihaknya telah bertemu Sulham pada Sabtu (30/1) lalu dan dipastikan kendaraan koalisi sudah cukup. “Tiga kursi tambahan dari tiga partai sudah dipastikan mendukung Sulham. Hanya saya belum bisa menyampaikan saat ini, tapi ketiga partai yang bergabung akan kami umumkan pada 7–8 Februari,”katanya.

Bahkan, kata Ketua Komisi I DPRD Soppeng ini, bukan hanya koalisi partai yang telah dijanjikan Andi Sulham, tapi juga pasangannya. “Jadi, semuanya sudah ada.Pasangan A Sulham juga sudah paten dengan Syarifuddin Rauf dengan tagline ASRI (A Sulham– Syarifuddin Rauf), sudah 100%,”ujarnya.

Ketiga partai yang bergabung dengan PDK untuk mengusung Sulham kemungkinan besar, yakni Partai Barnas,PKNU, dan PIB. “Kalau benar PIB bergabung untuk mengusung Sulham, giliran posisi A Sarimin Saransi yang kini terancam.

Soalnya PIB sudah diklaim pihak ASA sebagai partai yang bakal mengusungnya,selain PPP (2 kursi) dan Gerindra (1 kursi),” ujar tokoh pemuda A Afrianto di Warkop Asia Watansoppeng.

Menurutnya,kalau PIB menjadi liar seperti ini, koalisi partai pendukung Andi Sarimin menjadi tidak memenuhi syarat mengusung calon bupati/wakil bupati. “Ini mungkin yang menyebabkan PDK tidak mau mengungkapkan nama partai yang bergabung dengan PDK untuk mengusung Sulham,” tandasnya. (abdullah nicolha)

No comments: