Thursday, February 4, 2010

Bocah 6 Tahun Mengaku Disiksa

Friday, 05 February 2010
MAMUJU(SI) – Seorang bocah perempuan berusia 6 tahun bernama Risma,diduga dianiaya ayah kandungnya dan ditelantarkan.Akibatnya,Risma yang berasal dari Tadui,Kecamatan/Kabupaten Mamuju,Sulawesi Barat (Sulbar),trauma dan memilih meninggalkan rumah.

Dari informasi yang dihimpun harian Seputar Indonesia (SI) di Mapolres Mamuju, tanda-tanda kekerasan terlihat di sekujur tubuh Risma.Tubuhnya tampak luka seperti kena benda tajam dan lebam akibat pukulan benda tumpul. Bahkan, lengan kiri Risma tidak dapat diluruskan lagi akibat keseleo.

Di hadapan petugas Kepolisian Resor (Polres) Mamuju,Risma mengaku semua luka itu akibat dianiaya ayahnya. Risma mengaku pernah ditarik keras dan dipukul dengan kayu oleh ayahnya.

“Ayahku memukuli empat kali sehari dengan kayu,” kata Risma terbata-bata saat ditemui di Satuan Reskrim Polres Mamuju, sambil menunjukkan bekas luka yang dialaminya.

Tak tahan mendapat perlakuan kasar, dia memilih meninggalkan rumah karena setiap hari ayahnya selalu menganiaya. Risma telah seminggu meninggalkan rumahnya dan telantar hidup di jalan.

Kaur Bin Ops Polres Mamuju AIPDA Ichsanuddin membenarkan kekerasan yang dialami bocah berusia enam tahun tersebut. Menurutnya, dari sejumlah luka lebam yang terlihat di sekujur tubuhnya, diduga kuat jika anak tersebut telah berkali-kali dianiaya.

“Benar kalau Risma sering mendapatkan kekerasan dari orang dewasa karena di sekujur tubuhnya terlihat lebam dan bekas luka robek akibat sayatan benda tajam. Karena itu, kami (Polres) sementara waktu memberikan perlindungan terhadap anak tersebut, sembari melakukan penyelidikan,”ujarnya kepada sejumlah wartawan,kemarin.

Sebelumnya, Risma ditemukan warga di Dusun Manalisse, Desa Tadui,Kecamatan Mamuju, Kabupaten Mamuju. Ketika itu dia nyaris tertabrak kendaraan yang melintas dan ditemukan warga.

Dia kemudian diserahkan ke polisi di Pos Polisi Lalu Lintas di Tadui. Kemudian, pada Rabu (3/2), anggota satuan lalu lintas yang bertugas di lokasi tersebut juga menyerahkan bocah itu ke Reskrim Polres Mamuju untuk mendapatkan perlindungan. Risma menolak dipulangkan karena takut mendapatkan perlakuan kekerasan lagi dari orangtuanya. (abdullah nicolha)

No comments: