Thursday, February 4, 2010

Mahasiswa-LSM Tagih Janji Dewan

Friday, 05 February 2010
MAMUJU (SI) – Puluhan aktivis lembagaswadaya masyarakat(LSM) danmahasiswa diKabupatenMamuju, Sulawesi Barat (Sulbar),menggelar demonstrasi untuk menagih janji anggota DPRD Mamuju,mengusut defisit dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sebesar Rp130 miliar. Bahkan,mereka menuntut Dewan membentuk panitia khusus (pansus).

Koordinator aksi,Amri Tumbuh, menegaskan,pihaknya mendatangi DPRD Mamuju karena sebelumnya telah dijanjikan Dewan mengusut defisit anggaran dengan membentuk pansus.Ketika itu Badan Anggaran DPRD Mamuju yang menerima juga berjanji menyelesaikan masalah gaji kontrak sebesar Rp18 miliar yang belum dibayarkan sejak Agustus–Desember 2009.

“Kami telah dijanjikan Badan Anggaran membentuk pansus defisit dan gaji kontrak. Namun, setelah sekian lama menunggu,pansus juga belum terbentuk.Karena itu, kami datang lagi menagih janji itu,”tuturnya kemarin.

Unjuk rasa tersebut sempat diwarnai ketegangan antara pengunjuk rasa dan aparat Satuan Polisi Pamong Praja (PP).Penyebabnya, ketika pengunjuk rasa memasuki halaman Kantor DPRD Mamuju, tiba- tiba dihadang Satpol PP sehingga mereka terlibat aksi saling dorong.

Aksi saling dorong tersebut berakhir setelah Ketua DPRD Mamuju Sugianto bersedia menerima para pengunjuk rasa untuk berdialog. Pertemuan antara Koalisi LSM dan mahasiswa berlangsung di ruang rapat lantai 2 DPRD Mamuju.

Legislator Partai Golkar tersebut meminta pengunjuk rasa bersabar karena pembentukan pansus sedang dikaji anggota DPRD. “Pansus tetap akan terbentuk jika memang itu diperlukan,” ujarnya di hadapan puluhan aktivis LSM dan mahasiswa.

Aksi itu pun berakhir dengan tertib, setelah mendengar jawaban dan janji Ketua DPRD Mamuju itu. Anggota LSM dan mahasiswa berjanji akan kembali menagih janji jika pansus belum terealisasi. (abdullah nicolha)

No comments: