Tuesday, February 1, 2011

Pemulangan Jamaah Belum Normal

Wednesday, 24 November 2010
MAKASSAR (SINDO) – Proses pemulangan jamaah haji Debarkasi Makassar hingga kemarin belum normal, bahkan jamaah asal Kabupaten Pinrang yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 4 yang menggunakan nomor penerbangan GA 1301 masih molor hingga sembilan jam.

Dari jadwal yang telah dikeluarkan oleh Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Makassar, kloter 4 dijadwalkan tiba di Tanah Air pada pukul 05.45 Wita ,namun baru bisa menghirup udara Makassar sekira pukul 14.45 Wita,kemarin.

Bagian Informasi PPIH Debarkasi Makassar Tasrif mengatakan, dari jadwal yang telah disusun pihaknya memprediksi bahwa kloter 4 tiba di Makassar pada pukul 05.45 Wita, namun karena adanya delay dari pihak penerbangan maka terlambat hingga sembilan jam.

“Seharusnya, jika mengacu jadwal kloter 4 asal Pinrang tiba di Makassar pukul 05.45 pagi, namun adanya delay menyebabkan molor hingga Sembilan jam dan baru tiba di Makassar pada pukul 14.45 Wita,” katanya kepada SINDO di ruang kerjanya,kemarin.

Menurutnya, kondisi tersebut tidak dapat terhindarkan karena padatnya penerbangan di Bandara King Abdul Aziz Jeddah disebabkan pemulangan bertepatan dengan jamaah yang berasal dari berbagai Negara. “Itu karena semua Negara juga melakukan pemulangan jamaah,”ungkapnya.

Tasrif juga menyebutkan,kondisi tersebut masih akan berlanjut ke beberapa kloter lainnya hingga kepadatan bandara Jeddah berakhir, tentunya setelah jamaah dari berbagai Negara berkurang.

Dia bahkan memastikan kloter 5 juga akan mengalami kondisi yang sama. “Kami yakin, kloter 5 juga masih akan mengalami keterlambatan karena Bandara Jeddah masih padat, kemungkinan akan mulai normal pada kloter 7 atau 10 dan seterusnya, merujuk pada pengalaman tahuntahun kemarin,”tandasnya.

Informasi yang dihimpun SINDO,kloter 5 yang berasal dari Kabupaten Soppeng-Wajo dijadwalkan akan tiba di Tanah Air besok (hari ini) Rabu (24/11) sekitar pukul 05.30 Wita pagi.

Koordinator Penerimaan Jamaah Haji PPIH Embarkasi-Debarkasi Makassar Abdul Rasyid Usman juga mengungkapkan, kloter 4 asal Pinrang yang sebelumnya diprediksi akan tiba di Makassar pukul 05.45 Wita terlambat hingga sembilan jam karena padatnya Bandara King Abdul Aziz Jeddah. (abdullah nicolha)

No comments: