Tuesday, February 1, 2011

Wali Kota Makassar Nyaris Pingsan di Mina

Wednesday, 17 November 2010
MAKASSAR (SINDO) – Wali Kota Makassar Ilham Arif Sirajuddin nyaris jatuh pingsan di Mina,Arab Saudi, kemarin. Penyebabnya, Ilham yang sementara menunaikan ibadah haji mengunjungi seluruh maktab jamaah haji asal Makassar.


Orang nomor satu di Makassar itu berkunjung dengan berjalan kaki dari satu maktab ke maktab yang lain untuk melihat kondisi para jamaah asal Kota Daeng itu.

Salah seorang jamaah Makassar yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 13 embarkasi Makassar Kasim Wahab mengatakan, kejadian tersebut berawal saat Ilham bersama Rahman Qayyum dan Aster Kodam VII/Wirabuana Marga Taufiq tiba di maktab para jamaah.

Wali Kota yang nyaris pingsan itu bukan karena berjalan kaki,tapi karena dikerumuni oleh ribuan jamaah asal Makassar yang ingin berjabat tangan dan berfoto bersamanya.

“Pak Wali saat tiba di maktab dikeroyok jamaah haji di semua maktab untuk berfoto bersama, berjabat tangan, dan dipeluk serta digendong, saat itulah Pak Wali ngosngosan. Jadi bukan karena jalan kaki,” ungkapnya kepada SINDO tadi malam.

Dari informasi yang dihimpun, saat Ilham tiba di maktab, para jamaah diteriaki dengan sebutan gubernur. “Para jamaah sangat senang dikunjungi Pak Wali mereka sangat antusias berfoto, berjabat bahkan menggendong beliau,” ujarnya.

Wali Kota Makassar Ilham Arif Sirajuddin yang didampingi langsung istrinya berhaji pada musim haji tahun ini melalui mikrofon menyampaikan salam dari Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo kepada para jamaah dan berpesan agar senantiasa menjaga nama baik Makassar dan memberi contoh dan tauladan yang baik.

“Salam dari Pak Gubernur untuk kita semua, mari jaga nama baik Makassar,beri contoh dan tauladan yang baik. Sampaikan keindahan Makassar kepada jamaah dunia yang ada di Mina,” kata Ilham di hadapan ribuan jamaah asal Makassar di Mina kemarin.

Dalam kunjungan tersebut, Rahman Qayyum yang ikut dalam rombongan,menyampaikan ceramah singkat dan memimpin doa bersama untuk keselamatan Sulawesi Selatan dan Indonesia secara umum agar terjauhkan dari bencana dan disejahterakan.

Usai menyampaikan pesan dan berfoto bersama ribuan jamaah, Wali Kota bersama rombongan melanjutkan kunjungannya ke jamaah asal Makassar di seluruh maktab di Mina dengan berjalan kaki.

Saat ini para jamaah masih akan melakukan serangkaian ibadah haji dan akan kembali ke Mekkah untuk melakukan tawaf wada (perpisahan) sebelum kembali ke Tanah Air.

Berharap Mendapat Haji Mabrur

Sementara itu,Wali Kota Makassar Ilham Arif Sirajuddin bersama jamaah lainnya mengungkapkan rasa syukur dan bahagianya karena melaksanakan ibadah haji kemarin.

“Walaupun kelelahan,kami rasa itu hilang begitu selesai melaksanakan sai di putaran terakhir dan kemudian melaksanakan tahallul (gunting rambut),rasa haru dan bahagia kami bersama seluruh rombongan, semoga ibadah haji kami mabrur,”ungkapnya.

Prosesi ibadah haji yang dilakukan kemarin dimulai dengan wukuf di Arafah dengan asumsi jamaah mencapai 5 jutaan orang yang berasal dari penjuru dunia.

Saat zuhur tiba, seluruh aktivitas jamaah yang masing-masing berada di tenda dan sekitar masjid satu-satunya yang ada di Arafah mendengarkan khotbah dan melakukan zikir dan doa bersama.

“Kira-kira pukul 14.00 siang baru selesai, saat ritual inilah semua jamaah yang sedang berdoa menangis dan terharu oleh kebesaran Allah SWT dan mengingat dosadosa dan kekhilafan yang pernah diperbuat serta memohon ampunan- Nya,”ujar Ilham.

Informasi yang dihimpun, dari jadwal yang telah ditetapkan panitia pemberangkatan ibadah haji (PPIH) embarkasi Makassar, kloter 1 asal Kota Makassar akan tiba di Tanah Air pada Minggu (21/11). (abdullah nicolha)

No comments: