Sunday, December 13, 2009

Ribuan Peserta Tak Hadir

Sunday, 13 December 2009
MAKASSAR (SI) – Ribuan peserta seleksi tertulis calon pegawai negeri sipil (CPNS) absen alias tak hadir mengikuti tes,kemarin.

Di lingkup Pemprov Sulsel sebanyak 2.514 peserta absen, sekitar 4.000 di lingkup Pemkot Makassar, 433 di Pemkab Soppeng,serta 559 di Sidrap Dibandingkan Makassar, Soppeng, dan Sidrap persentase kehadiran peserta ujian di Pemprov Sulsel cukup tinggi,yakni mencapai 80% dengan jumlah pelamar yang berhak mengikuti ujian sebanyak 8.815. Di Pemkot Makassar, ujian CPNS tahun ini mengalami penurunan yang sangat drastis.

Menurut Asisten IV Pemkot Makassar Apiaty Kamalauddin, jumlah peserta yang mengikuti ujian hanya 49 % dari total pendaftar sebanyak 8.175 orang. Hal tersebut disebabkan waktu pelaksanaan ujian yang digelar secara serentak di kab/kota di Provinsi Sulsel sehingga yang mendaftar pada dua daerah atau lebih tentu harus memilih salah satunya dengan melihat potensi tingkat kelulusan.

”Persaingan yang ketat boleh jadi ada diantara mereka yang merasa tidak yakin akan lulus, malah mengundurkan diri duluan, juga mungkin ada yang berhalangan atau sakit maka kesempatan tersebut tidak dapat dipergunakannya,” tandas Apiaity Alasan banyak peserta yang harus memilih dan mengikuti seleksi di daerah lain.

Senada dengan pernyataan Sekretaris Panitia penyeleggara ujian CPNS Soppeng Suriasni. Di Soppeng,sebanyak 433 pelamar CPNS tak hadir mengikuti ujian dari total peserta tang lolos seleksi berkas sebanyak 2.515 atau 2.081 yang hadir.

Kepala Bagian Kesejahteraan Pegawai BKDD Soppeng ini menyebutkan,seandainya pihak panitia mengetahui ratusan pelamar tersebut tidak hadir dalam ujian pihaknya tidak akan melaporkan jumlah tersebut ke provinsi.

Data yang dihimpun,panitia penerimaan CPNS Soppeng menyediakan sebanyak 126 ruangan yang tersebar di sembilan sekolah yang ada di daerah berjuluk Kota Kalong itu. Sementara ujian dilaksanakan selama dua jam yang dimulai pukul 08.00-10.00 Wita,kemarin.

Dari ratusan pelamar CPNS yang tidak hadir tersebut yang terbanyak dari kalangan pelamar guru. Sementara itu,di Sidrap,sebanyak 559 peserta tidak hadir dari total peserta yang dinyatakan lulus seleksi berkas sebanyak 2.427.

Tahun ini, Pemkab Sidrap akan menerima 363 CPNS dari formasi tenaga pendidik, kesehatan, dan teknis. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel Andi Murny Amien Situru mengatakan, seleksi tertulis penerimaan CPNS di lingkup Pemprov Sulsel berjalan lancar.

Kemarin, usai ujian, untuk menjaga keamanan Lembar Jawaban Komputer, BKD Sulsel langsung menyerahkan LJK tersebut ke pihak Universitas Hasanuddin (Unhas) untuk diperiksa. Sementara, soal-soal ujian yang digunakan dalam tes CPNS, dimusnahkan di Lapangan Kantor Gubernur Sulsel,sore,kemarin.

Sebelumnya, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo melakukan peninjauan pelaksanaan seleksi CPNS pada tiga lokasi di Kota Makassar. Syahrul mengawali kunjungannya ke SD Pertiwi dan MAN Model dan sempat meninjau beberapa ruangan. Gubernur didampingi Asisten I Andi Herry Iskandar, Kepala BPSDMA Jufri Rahman, dan Kepala BKD Andi Murny Amien Situru. (abriandi/mulyadi abdillah/ abdullah nicolha/m syahlan)

No comments: