Tuesday, December 8, 2009

Tiga Gapoktan Terima Bantuan Rp300 Juta

Tuesday, 08 December 2009
WATANSOPPENG(SI) – Tiga gabungan kelompok tani (Gapoktan) di Kecamatan Donridonri,menerima bantuan masing-masing Rp100 juta dari Pemkab Soppeng,kemarin.

Ketiga Gapoktan tersebut,yaitu Gapoktan Sejahtera,Tolaba,dan Mamminasae. Selain tiga Gapoktan tersebut,Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Soppeng juga memberikan bantuan kepada desa mandiri pangan senilai Rp20 juta untuk kelompok serbaguna Desa Seringi.

Data yang dihimpun Seputar Indonesia (SI), bantuan Rp20 juta untuk kelompok Kemiri Desa Seringi juga diberikan bantuan P2KPG. Bukan hanya itu, bantuan kendaraan operasional roda dua juga diberikan kepada pengelola PBB terbaik dan petugas lapangan, penyuluh, serta pengawas KB di Kecamatan Donridonri.

Dari laporan kecamatan setempat, pemkab juga memberikan bantuan handtractor, sapi betina, benih padi nonhibrida 19,250 kg, padi hibrida 22,800 kg, dan pemberian sertifikat tanah bersubsidi sekecamatan setempat.

Pemberian bantuan tersebut dilakukan Bupati Soppeng Andi Soetomo secara simbolis pada hari pertama kunjungan kerja (kunker) dan rapat koordinasi (rakor) di Kecamatan Donridonri kemarin.

Dalam kunjungan tersebut,Bupati didampingi Sekkab Soppeng Abd Haris Abbas,staf ahli,asisten,para kepala SKPD. “Pemberian bantuan tersebut sebagai upaya pemberdayaan dan sinergis antara pemkab, pemerintah desa, dan kelurahan untuk mendukung kelancaran operasional aparat terdepan.

Diharapkan bantuan itu mampu memberikan pelayanan maksimal, adil, dan merata kepada masyarakat,” ungkap Bupati pada hari pertama kunker dan rakor di Tajuncu,Kecamatan Doridonri,kemarin.

Pada sesi dialog dengan warga, secara terbuka Bupati Soppeng mengaku senang dapat membuka cakrawala berpikir yang perlu dan dibutuhkan masyarakat ke depan. Bupati menegaskan bahwa bantuan tersebut dari pemerintah dan sudah dianggarkan. “Jadi, kalau ada yang mengaku-ngaku dari uang pribadinya jangan dipercaya,” tandas orang nomor satu di Bumi Latemmamala.

Kepala UPTD Dinas Pendidikan, Kecamatan Donridonri,Kamaruddin, dalam sesi dialog mengungkapkan, pada rehabilitasi kantor UPTD dinilai membutuhkan perbaikan dan pembenahan jalan menuju ke lokasi kantor.“Jarak kantor dari jalan raya sekitar 100 meter dan tidak teraspal sehingga kalau hujan turun pasti becek,” katanya.

Selain usulan tersebut, sejumlah warga juga mengusulkan pengadaan mobil kebakaran di setiap kecamatan, pagar SMPN 2 Labokong, gedung pertemuan, waduk untuk Soppeng Utara,laptop,komputer, pompa air, dan lainnya.

Menanggapi permintaan masyarakat setempat, Bupati mengungkapkan, kendala utama yang dihadapi saat ini adalah masalah dana,“Kesemuanya sudah dicatat masingmasing SKPD, mudah-mudahan ada dananya,”ujar Bupati.

Sebelumnya, Bupati Soppeng bersama rombongan juga menggelar kunjungan yang sama di Batu- Batu,Kecamatan Marioriawa.Kunjungan kerja tersebut akan digelar selama empat hari di seluruh kecamatan di Soppeng.“Ini sudah agenda rutin Pemkab Soppeng tiap tahun,” ungkap Kabag Humas dan Protokol Soppeng Sarianto kepada SI di lokasi kunker,kemarin.

Secara khusus,Bupati juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat serta seluruh jajaran pemerintah kecamatan, kelurahan, desa atas kerja keras, niat suci, hati yang bersih dan ketulusan,dalam bingkai indahnya kebersamaan.

“Kita telah berupaya mengubah dan memajukan Kabupaten Soppeng, Insya Allah, pada masa yang akan datang dalam bingkai yang sama Tuhan yang Mahapengasih dan Mahapenyayang melimpahkan lagi rahmat-Nya di Bumi Latemmamala,” papar Andi Soetomo. (abdullah nicolha)

No comments: