Sunday, May 9, 2010

Dewan Adat Citta Usul Debat Kandidat

Sunday, 09 May 2010
WATANSOPPENG(SI) – Dewan Adat Citta,Kecamatan Citta,Kabupaten Soppeng,mengusulkan agar digelar acara debat atau penyampaian visi dan misi para kandidat calon bupati (cabup) dan calon wakil bupati (cawabup).

Ketua Umum Dewan Adat Citta Andi Moh Tono mengatakan,debat kandidat pada Pilkada Soppeng bermanfaat untuk memberikan pengetahuan politik kepada masyarakat. Selain itu, masyarakat bisa mengetahui program unggulan para kandidat cabup-cawabup untuk membangun Soppeng lima tahun ke depan.

“Hal itu kami lakukan sematamata ingin memberikan pemahaman kepada masyarakat. Sekaligus memberi kesempatan kepada para kandidat menyampaikan apa saja yang akan diperjuangkan jika kelak terpilih,”ujarnya kepada SeputarIndonesia( SI) di gedung dewan, belum lama ini.

Andi Tono mengaku, telah berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Soppeng untuk menggelar debat kandidat.Dewan adat pun telah meminta restu kepada Pemerintah Kabupaten dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Soppeng. “Semua pihak yang telah kami temui memberikan respons baik,”tuturnya.

Ketua KPU Soppeng Sulhan membenarkan, pihaknya merespons baik usulan Dewan Adat Citta untuk menggelar acara debat calon bupati di hadapan masyarakat dan dewan adat Citta.“Jika ingin menggelarnya tanpa KPU boleh saja, sebab kami tetap mengacu pada aturan. Sementara untuk masalah keamanan, itu adalah kewenangan kepolisian,” tandasnya kemarin.

Informasi yang dihimpun,KPU Soppeng telah menyetujuinya asalkan pihak penyelenggara (dewan adat) dapat memberi jaminan keamanan, tentunya dengan melibatkan pihak kepolisian. “Jadi, KPU telah menyetujuinya,dengan catatan keamanan dapat dijamin,” ujar Andi Moh Tono.

Dia menambahkan, pihaknya tetap menjunjung tinggi netralitas untuk menjaga proses Pilkada Soppeng tetap berjalan demokratis, aman, dan damai. “Ketujuh kandidat akan diundang. Kalau ada yang tidak hadir tak menjadi masalah karena masyarakat yang akan menilai,”katanya.

Andi Moh Tono menjelaskan, Dewan Adat memiliki peran penting dalam pemerintahan.Apalagi dalam sejarahnya, sebelum Kabupaten Soppeng dipimpin oleh seorang bupati, Dewan Adat memiliki posisi strategis. “Dewan adat tidak boleh diabaikan dalam penataan pemerintahan suatu daerah karena dewan adat sudah ada sejak lama.

Meski kepengurusannya dalam organisasi baru resmi sekitar lima tahun lalu, Soppeng dulu dipimpin oleh datu,”ujar Andi Moh Tono. (abdullah nicolha)

No comments: