Saturday, May 15, 2010

3.393 Siswa Miskin Terima Beasiswa

Saturday, 15 May 2010
WATANSOPPENG(SI) – Sebanyak 3.393 siswa di Kabupaten Soppeng pada 2010 ini akan mendapatkan beasiswa siswa miskin (BSM) dari pemerintah setempat.

Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikmudora) Soppeng Kasniadi mengungkapkan, jumlah tersebut sesuai kuota yang diberikan pemprov kepada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikmudora) Soppeng.

Menurutnya, dalam pemberian beasiswa itu, setiap siswa akan mendapatkan bantuan Rp360.000 per tahun. “Besarnya sama dengan beasiswa yang diterima tahun lalu,” ungkapnya kemarin.

Dia menyebutkan, dana yang dialokasikan untuk siswa miskin di Kabupaten Soppeng mencapai sekitar Rp1,2 miliar, yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) melalui Provinsi Sulsel.

Dia menambahkan, jumlah penerima beasiswa miskin tahun ini sama dengan kuota tahun lalu. Beasiswa tersebut diperuntukkan khusus murid sekolah dasar (SD) yang tergolong miskin.

Siswa penerima beasiswa itu sesuai usulan pihak kepala sekolah masing-masing yang indikatornya, penerima beasiswa harus mempunyai kartu miskin/raskin, yatim piatu (kondisi keluarga), jarak rumah dari sekolah dan jumlah saudara. “Siswa tersebut juga harus melampirkan rapornya yang diketahui pihak kepala sekolah,”ungkapnya.

Dari informasi yang dihimpun SI, selain penerima dari tingkat SD, siswa miskin tingkat sekolah menengah pertama (SMP) juga akan mendapatkan beasiswa tersebut. “Jatah untuk SMP sebanyak 800 murid.Setiap murid mendapat beasiswa Rp265.500 per semester,”pungkasnya.

Kasi Manajemen Pendidikan Dasar Dinas Dikmudora Soppeng Hantik menambahkan, beasiswa miskin itu juga akan diberikan kepada murid SMP terbuka. Namun, nilainya sedikit lebih rendah dibanding siswa SMP lainnya. “Setiap murid hanya mendapatkan Rp150.000 per semester,” ungkap dia kepada wartawan.

Selain beasiswa miskin, para siswa yang berprestasi juga akan mendapatkan beasiswa dengan besaran Rp300.000 per semester. “Beasiswa ini akan diberikan kepada sekitar 43 siswa yang berprestasi di daerah ini (Soppeng),” tandasnya. (abdullah nicolha)

No comments: