Tuesday, August 31, 2010

Punggung Saleng Penuh Belatung

BERI BANTUAN. Ketua DPRD Wajo HM Yunus Panaungi saat menyerahkan bantuan kepada korban yang menderita penyakit mengerikan selama empat tahun, kemarin.

Thursday, 26 August 2010
SENGKANG (SINDO) – Seorang warga Kelurahan Anabanua, Kecamatan Maniangpajo, Kabupaten Wajo, Saleng, 20, diduga menderita penyakit aneh. Dia mengalami sakit selama empat tahun, tapi baru mendapat perhatian pemerintah setempat kemarin.

Kondisi Saleng sangat memprihatinkan karena menderita luka bernanah di bagian punggung hingga tembus ke bagian perut belakang. Luka bernanah yang sudah dideritanya selama empat tahun membuat punggungnya dimakan belatung.

“Secara klinis ini penyakit TBC kulit dan TBC tulang. Masalahnya tidak ada yang rawat,”kata Kepala Puskesmas Maniangpajo dr Gusaidi saat berkunjung ke rumah korban kemarin.

Selain Saleng, dua anggota keluarganya juga menderita penyakit parah, yakni Daeman, 72, menderita lumpuh hingga tak bisa bergerak kecuali hanya di pembaringan.

Sementara Masse, 68, mengalami kebutaan dan gangguan pendengaran. Beruntung Masse masih bebas bergerak, meski indra penglihatan dan pendengarannya sudah tidak berfungsi.

Saleng yang menderita luka bernanah di bagian punggung dan tembus ke perut serta dimakan belatung kini sudah tertangani medis. Kendati sudah tergolong parah, belum mendapatkan perawatan di rumah sakit sebagaimana layaknya pasien umumnya.

Hal itu disebabkan tidak adanya pihak atau keluarga korban yang akan menjaga jika dirawat inap di rumah sakit. “Terus terang saya melihat dari pemberitaan di televisi.Saya langsung telepon kesehatan,” ujar Ketua DPRD Wajo HM Yunus Panaungi kepada wartawan saat berkunjung ke rumah korban. (abdullah nicolha)

No comments: