Tuesday, December 16, 2008

Ekonomi-Pembangunan Awasi 800 Proyek APBD

Sunday, 14 December 2008

MALILI (SINDO) – Bagian Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Kabupaten Luwu Timur (Lutim) mengawasi 800-an proyek Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2008.

Minimnya personil yang mengawasi proyek tersebut membuat instansi itu harus bekerja ekstra.Pasalnya, hanya diawasi empat personil Ekbang, seperti proyek yang berlokasi di dua kecamatan, yakni Kecamatan Burau dan Towuti. “Proyek APBD yang saat ini dalam pengawasan Ekbang sekitar 800-an,tapi yang terealisasi sekitar 472 paket proyek yang pengerjaannya masih dalam proses,” kata Kabag Ekbang Lutim La Besse di Malili,belum lama ini.

Menurut dia,pihaknya harus bekerja ekstra hingga melampaui batas kerja karena minimnya personil di lapangan. ”Setiap hari, petugas Ekbang harus turun ke lapangan untuk memantau perkembangan fisik proyek. Selain itu, hasil monitoring tersebut dilaporkan ke Bupati Lutim Andi Hatta Marakarma,”tandasnya. Dia juga mengaku,minimnya petugas tersebut membuat pihaknya kewalahan membagi waktu untuk mengawasi proyek itu dibandingkan dengan Kabupaten Lutra, sangat jauh berbeda karena kabupaten itu diawasi sekitar 20-an personil.

Dengan kondisi tersebut, pihaknya selalu memberikan semangat kepada para personil untuk profesional dan menjadikan pekerjaan sebagai amanah dan sebuah kesenangan. Selama dalam melakukan monitoring, dia menemukan beberapa proyek yang terlambat dari jadwal yang telah ditentukan. (abdullah nicolha)

No comments: