Tuesday, December 16, 2008

Raih Prestasi Tingkat Nasional

Sunday, 14 December 2008

LUWU(SINDO) – Kabupaten Luwu pada 2008 ini, mengukir prestasi pada tingkat nasional melalui tim penggerak pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga (TP-PKK), yakni berhasil merebut juara harapan I lomba menu 3B (bergizi, berimbang, dan beragam).

Prestasi itu diraih melalui persaingan ketat antar-33 provinsi se-Indonesia. TP PKK Luwu yang mewakili Provinsi Sulsel pada ajang lomba menu 3B tingkat nasional di Kota Bandung, Rabu (3/12) lalu, berhasil merebut nominasi juara harapan I. ”Kendati hanya harapan I, kami sangat bersyukur meraih nominasi. Hal ini karena peserta dari 33 provinsi ini menampilkan kreativitas kaum perempuan yang tinggi yang cukup bervariasi dalam menyediakan menu 3B,”kata Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB Pemkab Luwu Wahida di Luwu kemarin.

Sementara itu, Ketua TP PKK Luwu Irmawati Bahrum Daido mengatakan, sekalipun hanya finis di peringkat harapan I,tapi pihaknya sangat memberi apresiasi kepada TP PKK yang berhasil menyaingi dan mengungguli 30 provinsi lain di Indonesia. ”Atas nama ketua TP PKK Luwu,kami turut bangga dan haru dengan prestasi ini.Paling tidak, kami turut memperkenalkan menu tradisional di ajang nasional,”kata istri Bupati Luwu bahrum Daido ini.

Ajang penilaian lomba menu 3B tingkat nasional tersebut menilai 4 kriteria,di antaranya, kriteria pengembangan resep, kriteria pemanfaatan pangan lokal spesifik, kriteria keseimbangan gizi, dan kriteria umum yang meliputi ketiga aspek tersebut. ”Untuk Provinsi Sulsel yang diwakili TP PKK Luwu, mereka berhasil menyabet kriteria keempat yang meliputi pengembangan resep, pemanfaatan pangan lokal spesifik, dan keseimbangan gizi,” ungkap DR Titi Said selaku Ketua Tim juri lomba penilaian menu 3B tingkat nasional.

Sekadar diketahui, TPPKK Luwu pada 2007 lalu, berhasil menyabet juara pertama tingkat Provinsi Sulsel dalam lomba menu 3B. (abdullah nicolha)

No comments: