Saturday, December 20, 2008

Bandara Masamba UbahJadwal Penerbangan

Friday, 19 December 2008

MASAMBA (SINDO) – Bandara Udara (Bandara) Andi Djemma Masamba di Kabupaten Luwu Utara (Lutra) mengubah jadwal penerbangan dari jadwal sebelumnya,yakni pada Selasa dan Kamis menjadi Minggu dan Kamis.

“Hal ini kami lakukan guna meningkatkan pelayanan da lam jasa angkutan udara.Maka, mulai 13 Desember lalu, jadwal penerbangan pesawat yang melayani rute Makassar, Masamba, Bua, Seko, dan Rampi, diubah menjadi setiap Minggu dan Kamis,”kata Kepala Bandara Andi Djemma Masamba Syamsul Banri kepada SINDO,kemarin.

Menurut dia, perubahan jadwal penerbangan itu dilakukan hanya pada Desember menjelang akhir tahun.Jenis pesawat yang digunakan pun berbeda dari sebelumnya yang digunakan Cassa 212 ke pesawat jenis Twin Otter, dengan kapasitas 1.400 kg atau setara dengan 18 seat yang lebih handal di daerah pegunungan.

“Namun, pesawat yang khusus didatangkan dari Kalimantan tersebut tetap milik maskapai penerbangan Avia Star.Jadi,mulai pekan itu,pada akhir 2008 ini, kami memberlakukan jadwal penerbangan baru, ”tandasnya.

Selain mengubah jadwal penerbangan, pihak bandara selama Desember, juga memberikan pelayanan dengan menyediakan hiburan musik elekton kepada para penumpang pesawat yang sedang menunggu di bandara.“Kami sengaja menyediakan hiburan untuk memberikan kenyamanan para penumpang sebelum naik pesawat,”jelasnya.

Masjid Bandara Rampi Telan Dana Rp200 juta

Bandara Rampi yang merupakan salah satu bandara yang ada di Kabupaten Luwu Utara, selain Bandara Masamba dan Seko, saat ini sedang membangun masjid. Masjid digunakan masyarakat muslim yang ada di Rampi saat menunggu pemberangkatan pesawat ketika memasuki waktu beribadah.

“Peletakan batu pertama pembangunan Masjid Bandara Rampi dibangun sebagai wujud spontanitas warga Desa Onondowa, untuk pembangunan masjid khusus di bandara. Sebab, terkadang banyak pilot dan penumpang kewalahan mencari tempat salat,” tutur Syamsul Banri, selaku Ketua Panitia pembangunan masjid saat mendampingi Wakil Bupati Luwu Utara Arifin Junaidi melakukan peletakan batu pertama di Bandara Rampi belum lama ini.

Pembangunan sarana masjid di bandara Rampi merupakan pertama kali dilakukan, mengingat bandara- bandara lain di Luwu Utara, belum memiliki sarana ibadah. Masjid tersebut dibangun di atas lahan seluas 10 x 8 meter dengan menelan anggaran Rp200 juta yang bersumber dari swadaya masyarakat dan sumbangan pihak-pihak lain yang tidak mengikat.

Sementara itu,Wakil Bupati Luwu Utara Arifin Junaidi didampingi Kapolres Lutra AKBP Khoirut Tauchid mengatakan, Pemerintah Kabupaten Luwu Utara memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi atas inisiatif masyarakat membangun masjid sehingga diharapkan pembangunan ini merupakan pembangunan yang sejajar antara fisik dan mental spiritual,pendekatan kepada Tuhan Yang Maha Esa. “Sebaiknya ke depan dapat diperhatikan pembangunan sarana ibadah lain untuk mengantisipasi perkembangan bandara,”tandas dia. (abdullah nicolha)

No comments: