Monday, March 9, 2009

4 Pimpinan Komisi DPRD Digeser

Thursday, 05 March 2009

MAMUJU (SINDO) – Empat pimpinan komisi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Barat (Sulbar) mengalami pergeseran, yakni mulai Komisi I, II, III, dan IV.

Pergeseran itu merupakan perintah langsung Ketua DPRD Sulbar Hamzah Hapati Hasan dalam suratnya tertanggal 3 Februari lalu. Pergantian itu karena DPRD Sulbar akan memasuki masa sidang berikutnya sehingga perubahan pimpinan komisi diperlukan. Surat tersebut kemudian ditindaklanjuti masing-masing komisi dengan menggelar rapat.

Informasi yang dihimpun SINDO, hingga kemarin, baruKomisiIIBidangEkonomi dan Keuangan yang telah memiliki ketua baru, yakni Charles Wiseman dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Komisi II menggantikan Fahruddin Suyuti.

Charles mengungkapkan, secara resmi pergantian ketua komisi,khususnya komisi II,akan dilakukan setelah surat keputusan (SK). “Belum ada kepastian penerbitan SK pergantian pimpinan,” ungkapnya.

Sementara Komisi I yang tidak memiliki ketua pascapergantian antarwaktu (PAW) legislator Partai Golkar Almalik Pababari yang menjadi Ketua Komisi I saat masih menjabat anggota DPRD Sulbar digantikan Yorim Sumule,belum menentukan ketua baru.

Anggota Komisi I DPRD Sulbar Rahmat Abdullah mengatakan, pergantian ketua komisi akan dilakukan secepatnya.“ Kami berharap ini segera tuntas agar tidak ada kekosongan jabatan,”tuturnya. Wakil Ketua Komisi I Edy Kowimbin menyatakan, berdasarkan tata tertib (tatib), apabila ketua komisi berhalangan, untuk sementara wakil ketua yang akan merangkap sebagai ketua komisi.

“Hal ini akan berlaku hingga adanya pemilihan ketua komisi,” tandasnya. Dua komisi lainnya, yakni Komisi III dan IV juga melakukan rapat terkait penentuan pimpinan komisi baru. Namun,hingga saat ini belum ada hasil yang didapatkan.

Sementara itu,Ketua DPRD Sulbar Hamzah Hapati Hasan yang dihubungi kemarin terkait masalah pergantian tersebut tidak berhasil ditemui. Begitu juga dua Wakil Ketua DPRD Sulbar, yakni Arifin Nurdin dan Zainal Abidin. (abdullah nicolha)

No comments: