Monday, June 29, 2009

Ribuan Surat Suara Ditemukan Rusak

Sunday, 28 June 2009

MAJENE(SI) – Ribuan surat suara di Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) rusak. Kerusakan itu berupa, robek, terdona tinta, dan gambar buram. Surat suara rusak yang ditemukan di beberapa kabupaten itu dipisahkan dan segera diganti.

Di Kabupaten Majene, KPU Majene menemukan ratusan surat suara dari 97.536 yang disortir dalam kondisi rusak. “Setelah kami melakukan penyortiran terdapat 388 surat suara yang kami temukan dalam keadaan rusak dan tidak layak pakai,”kata anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Majene Asmanuddin kepada Harian Seputar Indonesia(SI), kemarin.

Sementara itu, KPU Kabupaten Mamuju Utara (Matra) telah merampungkan penyortiran dan menemukan 700-an surat suara yang tidak layak pakai (rusak). Devisi Teknik, Data, dan Logistik KPU Matra Ishak Ibrahim mengungkapkan, kerusakan yang ditemukan bervariasi yakni robek dan terkena tinta di bagian gambar pasangan calon.

“Untuk sementara kami pastikan 69 lembar surat suara yang tidak dipakai sementara 700-an lainnya belum ada kepastian dari semua anggota karena belum diplenokan apakah diminta diganti atau tidak,” jelas Ishak via ponselnya kepada SI,kemarin.

Di Kabupaten Mamasa, hal yang sama juga terjadi setelah pihak penyelenggara pemilu melakukan penyortiran ditemukan sekitar 200-an surat suara yang rusak. Di antara lima kabupaten di provinsi ke-33 di Indonesia itu, daerah yang terbanyak mengalami kerusakan surat suara yakni di Kabupaten Polewali Mandar (Polman) sebanyak 1.036 surat suara dari 273.039 lembar surat suara. (abdullah nicolha).

No comments: