Wednesday, October 21, 2009

Golkar Soppeng Dukung Ilham

Thursday, 22 October 2009
WATANSOPPENG (SI) – Jelang Musyawarah Daerah (Musda) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) I Partai Golkar Sulsel, DPD II Golkar Soppeng sudah menentukan sikap.

Mereka mendukung Ilham Arief Sirajuddin kembali memimpin partai berlambang beringin di Sulsel. “Tentu saja kami pilih Pak Ilham dengan melihat apa yang telah diberikannya untuk Golkar,” kata Plt Ketua DPD II Golkar Soppeng Andi Kaswadi Razak di Sekretariat Golkar, saat dimintai tanggapannya mengenai dukungan pada Musda Golkar nanti.

Kaswadi beralasan, Ilham dinilai telah berhasil mengembalikan citra Partai Golkar dalam kepengurusannya satu tahun terakhir. Menurut dia,Pak Ilham memiliki kelebihan dalam memimpin partai Golkar.

“Itulah kelebihan dari pada kepemimpinan Pak Ilham karena dia mampu mengomunikasikan, konsisten, dan komit terhadap partai.Jelas kami pilih, karena kami sudah rasakan komitmennya terhadap partai,” ungkap Ketua DPRD Soppeng sementara ini.

Kendati demikian, pihaknya juga merespon positif apabila Gubernur Sulsel Sahrul Yasin Limpo berniat maju sebagai calon Ketua Golkar ke depan.

Wakil Ketua DPD II Golkar Soppeng Syahruddin M Adam menyatakan, Pak Syahrul memang layak maju sebagai kandidat ketua karena beliau merupakan kader Golkar.“Beliau (Syahrul) memang pantas mencalonkan diri sebagai ketua karena dia merupakan kader dan Ketua Kosgoro Sulsel,”kata Syahruddin kepada SI.

Kendati demikian,tentunya ada syarat-syarat yang perlu dipenuhi setiap calon untuk mencalonkan diri. Jelang Musda yang diperkirakan akan digelar awal November, dua figur santer terdengar untuk bertarung memperebutkan kursi ketua partai yang menggunakan warna kebesaran kuning itu.

Secara tegas, incumbentKetua Golkar Sulsel Ilham menyatakan keinginannya untuk kembali maju dan begitu juga dengan Syahrul yang telah menyatakan kesiapannya. Hanya saja, Syahrul yang masih terkendala dengan status pegawai negeri sipilnya (PNS), belum pernah menyatakan kesiapan melepas statusnya sebagai PNS.

Jika Ketua DPD II Golkar Soppeng sudah menyatakan kejelasan sikapnya, berbeda dengan Pengurus DPD II Partai Golkar di kawasan Ajatappareng. Diantara dua nama yang disebut-sebut,cenderung memilih pilihan aman.

Juru Bicara DPD II Partai Golkar Sidrap Aziz Pananrang menyatakan, secara internal pihaknya belum membicarakan mengenai dukungan mereka terhadap salah satu calon Ketua DPD I Partai Golkar Sulsel. Diungkapkan juga, pembicaraan internal mengenai dukungan pengurus DPD II Partai Golkar Sidrap akan dilakukan dalam rapat pleno.

”Keduanya merupakan kader murni Golkar. Kami akan lihat visi dan misi mereka sebelum menentukan pilihan. Dan syarat utama adalah, mereka mempunyai komitmen untuk membesarkan partai,”kata dia.

Aziz juga menekankan,pihaknya sangat menghargai jika Syahrul yang saat ini merupakan Gubernur Sulsel, dengan rela melepaskan statusnya sebagai pegawai negeri sipil. Menurut dia,hal itu akan menjadi catatan tersendiri dan merupakan tanda keseriusan Syahrul untuk menjadi Ketua DPD I Partai Golkar Sulsel.

Hal senada juga disampaikan oleh Sekretaris DPD II Partai Golkar Pinrang Darwis Bastama. Menurut dia,pihaknya akan memplenokan sikap pengurus setelah mendapatkan pemberitahuan mengenai jadwal Musda. ”Kami belum bisa memberikan komentar mengenai siapa yang akan kami dukung.

Jelasnya,kami akan memberi dukungan bagi calon yang mempunyai komitmen untuk membesarkan partai,dan mempunyai target masa depan yang jelas bagi partai,” kata Darwis.

Terpisah, Sekretaris DPD II Partai Golkar Parepare Kaharuddin Kadir, juga menyatakan sikap yang sama. Terpisah,Ketua DPD II Golkar Gowa Tenri Olle Yasin Limpo juga belum menentukan arah pilihan mereka.

Menurut Tenri, dari tiga nama yang santer disebut-sebut, Syahrul, Ilham, dan M Roem (Ketua DPRD Sulsel), merupakan kader terbaik Golkar.“Kalau salah satunya yang terpilih itu artinya yang terbaik. Kita dari DPD II Golkar Gowa belum mau membahas mengenai Musda dulu,”kata nya. (Abdullah nicolha/ m syahlan/herni amir)

No comments: