Monday, November 16, 2009

6 Bakal Calon Berebut Koalisi Nonparlemen

Monday, 16 November 2009
WATANSOPPENG (SI) – Sedikitnya enam bakal calon bupati dan wakil bupati yang bertekad maju di Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Soppeng telah mendaftarkan diri di koalisi nonparlemen di daerah tersebut.

Ke enam figur tersebut berasal dari berbagai bidang dan elemen di masyarakat, tiga di antaranya merupakan birokrat yaitu, Andi Singkeru (pejabat Pemkab Bone), Syarifuddin Rauf (mantan Wakil Bupati Soppeng), dan Kepala Dinas Koperasi,Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Soppeng Andi Herdi Bunga Haryadi.

Sementara, dua tokoh dari kalangan politisi, yakni, Syamsu Niang dari Partai Demokrasi Kebangsaan (PDK) yang juga Wakil Ketua DPRD Kota Makassar, Ketua DPC Partai Demokrat Soppeng Hira Putriani Rasyiddan.

Sedangkan satu bakal calon lagi adalah akademisi, yakni, Andi Munarfah. Informasi yang dihimpun Harian Seputar Indonesia (SI), saat pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati di koalisi 13 partai politik yang tidak berhasil meraih kursi pada Pemilu Legislatif 2009 lalu di Bumi Latemmamala tersebut, sedikitnya terdapat tujuh figur yang mengambil formulir.Namun, yang mengembalikan dan resmi mendaftar hanya enam tokoh tersebut.

“Sudah ada enam orang yang mengembalikan formulir pendaftaran dari tujuh orang yang mengambil formulir, di antaranya Andi Singkeru, Andi Munarfah, Syarifuddin Rauf, Andi Herdi Bunga Haryadi,Syamsu Niang,dan Hira Putriani Rasyd. Sementara satu orang lagi, Aris Muhammadiyah yang juga kalangan politisi belum mengembalikan formulir,” ungkap Ketua Tim Mediator Koalisi Nonparlemen Soppeng Muchtar Baso kepada wartawan, kemarin.

Kendati terbilang paling awal membuka pendaftaran bagi kandidat bupati dan wakil bupati dan telah memenuhi syarat 13% perolehan suara untuk mengusung satu paket pada Pilkada Soppeng 201, hingga kini koalisi parpol yang beranggotakan 13 partai itu belum menentukan bakal calon yang diusung pada pesta demokrasi lima tahunan di daerah berjuluk Kota Kalong itu.

Menurut Muchtar Baso yang juga Sekretaris Partai Persatuan Daerah (PPD) Kabupaten Soppeng ini, pihaknya tidak ingin terburuburu dalam menentukan figur yang akan diusung pada pilkada tersebut.

“Kami tidak mau terburu-buru untuk menentukan figur yang akan diusung pada koalisi ini, karena kami memiliki beberapa pertimbangan diantaranya, kami harus mencermati perkembangan politik hasil Musda Partai Golkar SulSel,”ujar dia.

Muchtar menambahkan,untuk Pilkada 2010 mendatang, koalisi non parlemen memasang target menang, dan berhati-hati untuk menentukan figur yang akan diusung. “Karena di Pilkada Soppeng 2010 mendatang, Koalisi Non parlemen memasang target menang, kami (Koalisi Nonparlemen) tidak hanya sekadar ikut meramaikan Pilkada, tapi kami bertekad akan berjuang dan memenangkan calon yang kami usung,”tandas Muchtar. (abdullah nicolha)

No comments: