Sunday, November 15, 2009

10 Balon Berebut Dukungan


Sunday, 15 November 2009
WATANSOPPENG(SI) – Sebanyak 10 bakal calon (balon) bupati dan wakil bupati yang bertekad maju di Pemilukada Soppeng Juni 2010,bersaing meraih simpati untuk mendapat dukungan Partai Demokrat.

Ke-10 balon tersebut adalah Andi Soetomo (bupati),Andi Sarimin Saransi (wabup),Andi Sulhan Hasan (asisten II),Andi Herdi Bunga Haryadi, Andi Munarfa,Andi Singkeru, M Haidir,Hendra Sudrajat,Husain Junaid,dan Andi Kastahar.

“Meski Ketua Bappilu DPDPDIP Sulsel Husain Djunaid dan Andi Kastahar belum resmi mengembalikan formulirnya, tapi saya sudah ketemu langsung dan berjanji akan mengembalikannya dalam waktu dekat,” ungkap Sekretaris DPC-Partai Demokrat Nursyamsu kepada Seputar Indonesia( SI),kemarin.

Nursyamsu mengatakan, Aris Muhammadiyah yang juga mengambil formulir di partai berlambang bintang kejora Soppeng itu hingga kini belum ada kepastian kapan akan dikembalikan.“Karena saat mengambil formulir diwakilkan dan belum ada kontak secara langsung,”katanya. Menurut dia dari ke-10 balon tersebut semua memiliki peluang yang sama untuk diusung pada pesta demokrasi lima tahunan di Bumi Latemmamala tersebut.

Sebab, penentuan calon yang akan diusung melalui survei dan visi misinya untuk membangun Soppeng ke depan. “Jadi, setelah disaring di kabupaten maka akan diajukan ke provinsi untuk disurvei.Kemudian diserahkan lagi ke pusat dan akan ditetapkan, kami melihat semua berpeluang untuk diusung,”jelasnya. Hal senada diungkapkan legislator Partai Demokrat Haeruddin Tahang.

Dia mengatakan bahwa dari semua figur yang bertekad maju di Pilkada Soppeng lewat partai bentukan presiden SBY itu memiliki peluang yang sama. “Intinya, setelah disurvei baru akan diketahui siapa yang akan diusung,” ungkapnya.

Sementara itu,Ketua Bappilu DPD-PDIP Sulsel Husain Djunaid mengaku,pihaknya telah mengambil formulir di Demokrat dan segera mengembalikannya ke Sekretariat DPD Partai Demokrat Soppeng Jalan Merdeka dalam waktu dekat.

“Insya Allah, dalam waktu dekat mungkin satu atau dua hari ke depan,” ujarnya singkat kepada SI melalui telepon selularnya. Sementara untuk penentuan bakal calon (balon) yang akan diusung partai berlambang bintang kejora itu pada pilkada Soppeng Juni 2010 akan ditentukan setelah musyawarah daerah luar biasa (Musdalub) DPD Partai Demokrat Sulsel 18 November.

“Hingga kini, belum ada jadwal yang jelas, tapi kemungkinan besar setelah Musdalub karena tim 9 DPD baru akan dibentuk setelah Musdalub,” ujar Sekretaris DPC Demokrat Soppeng Nursyamsu,kemarin. Demokrat Belum Tentukan Arah Koalisi Kendati telah menyaring figur yang akan diusung pada pesta demokrasi lima tahunan, namun Dewan Pengurus Cabang (PDC) Partai Demokrat Kabupaten Soppeng hingga kini belum menentukan arah koalisi.

Alasannya, pengurus Partai Demokrat masih melihat peta politik dan melakukan komunikasi-komunikasi terhadap beberapa parpol di Kota Kalong itu. “Kami belum menentukan koalisi nanti mengarah ke mana, karena melihat perkembangan dulu,” ujar Nursyamsu. Kendati demikian, pihaknya mengaku telah melakukan komunikasi dengan beberapa partai lain,namun masih sebatas komunikasi biasa.

“Kami tetap membuka diri kepada siapa saja yang ingin berkoalisi dan bisa saja,semua bisa terjadi, bisa PAN, PDIP, dan sebagainya,”tutur dia. Haeruddin Tahang mengungkapkan hal yang sama.Namun,Partai Demokrat tetap terbuka dalam mengarahkan koalisi pada Pilkada, asal memiliki misi dan visi yang sesuai dalam membangun Soppeng. (abdullah nicolha)

No comments: