Wednesday, December 2, 2009

APBD Naik Rp2 M,Ketua DPRD Terima Fortuner

Wednesday, 02 December 2009
POLEWALI (SI) – Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (RAPBD) Kabupaten Polewali Mandar (Polman) 2010 mengalami kenaikan sebesar Rp2 miliar atau naik 0,28% dari tahun sebelumnya,yakni Rp483 miliar menjadi Rp485 miliar.

RAPBD Polman tersebut telah diserahkan eksekutif ke legislatif dalam rapat paripurna yang berlangsung Selasa (2/12) lalu. Sebelum penyerahan draf tersebut, Bupati Polman AliBaalmenyerahkanmobil dinasmerek ToyotaFortunerkepada Ketua DPRD Abdullah Tato.

Bupati Polman Ali Baal mengatakan, pada 2010 pembangunan Polman diarahkan pada pengembangan perekonomian daerah. Hal itu diwujudkan melalui optimalisasi pemanfaatan sumberdaya alam dengan penguatan manajemen pemerintahan dan pengembangan sumberdaya manusia (SDA).

Ali mengatakan, komposisi pendapatan 2010 yang direncanakan masih lebih tinggi dibanding dana perimbangan dari pusat dengan rencana penerimaan pendapatan asli daerah (PAD).“Hal itu menggambarkan masih tingginya ketergantungan pada pemerintah pusat,”ungkapnya.

Untuk itu, lanjut bupati dua periode ini, diperlukan upaya bersama untuk berpikir dan berusaha menggenjot peningkatan PAD.“Kami (pemkab) berencana mengajukan beberapa rancangan perubahan perda, terutama yang terkait dengan retribusi dan perizinan daerah dan beberapa ranperda sumber pendapatan yang baru,”ujarnya.

Ketua DPRD Polman Abdullah Tato mengatakan, segera mengagendakan pembahasan RAPBD untuk disahkan menjadi APBD. “Pembahasan APBD segera diagendakan oleh badan musyawarah (bamus),”katanya.

Rapat paripurna penyerahan RAPBD tersebut dihadiri Wakil Bupati Nadjamuddin Ibrahim,Kapolres AKBP I Gusti Ngurah Rai Mahaputra, Ketua Pengadilan Negeri Polewali Ferdinandus. (abdullah nicolha)

No comments: