Wednesday, December 2, 2009

Lima Parpol Unjuk Gigi di Soppeng

Wednesday, 02 December 2009
WATANSOPPENG(SI) – Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Soppeng 2010 tujuh bulan lagi,tapi manuver politik sejumlah kandidat hingga kalangan partai politik makin gencar.

Bahkan, sejumlah parpol yang selama ini sulit diprediksi kekuatannya mulai unjuk gigi dan menghimpun kekuatan mengusung satu paket pasangan calon bupati dan wakil bupati pada pesta demokrasi di daerah yang rencananya digelar Juni 2010 itu.

Kelima parpol tersebut masing- masing berhasil meraih suara pada pemilihan legislatif lalu dan mendudukkan satu wakilnya di DPRD Soppeng, di antaranya Partai Indonesia Bersatu (PIB), Partai Barisan Nasional (Barnas), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), dan Partai Demokrasi Pembaharuan (PDP). Pengurus di lima parpol tersebut menggelar pertemuan di salah satu warung kopi (warkop) di Jalan Kemakmuran.

Mereka mendeklarasikan koalisi kelima partai itu untuk mengusung pasangan kandidat bupati dan wakil bupati di Pilkada Soppeng 2010 mendatang. Juru bicara koalisi yang juga Ketua Partai Indonesia Bersatu (PIB), Rusmiadi, mengatakan, pihaknya saat ini tinggal menunggu penegasan Ketua PDP Soppeng yang saat ini sedang berada di luar kota. Sementara dalam pertemuan itu hanya diwakili sekretarisnya, Azis Matto.

“Untuk memenuhi syarat 15% suara atau lima kursi di DPRD untuk mengusung satu pasangan calon bupati dan wakil bupati di pilkada mendatang, kami tinggal menunggu penegasan Ketua PDP Soppeng yang saat ini sedang berada di luar kota, saat deklarasi tadi (kemarin). Karena itu, PDP diwakili sekretarisnya.

Yang pasti koalisi ini akan terus bergerak dan menggalang komunikasi dari partai-partai lain, baik yang punya kursi maupun yang tidak punya kursi di DPRD Soppeng,”kata Rusmiadi.

Deklarasi koalisi kelima partai tersebut, selain dihadiri pimpinan kelima partai,juga dihadiri salah satu bakal calon bupati Andi Herdi Bunga Haryadi yang juga Kepala Dinas Koperindag Soppeng.

Herdi saat ini telah mendaftarkan diri di beberapa parpol yang lain untuk diusung pada pesta demokrasi lima tahunan di Bumi Latemmamala tersebut. Partai tersebut, di antaranya Partai Demokrat,Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Pembangunan (PPP),Koalisi Nonparlemen, dan dua partai yang tergabung dalam koalisi lima parpol tersebut,yakni Partai Hanura dan Gerindra.

Data yang dihimpun harian Seputar Indonesia (SI), pada pemilu lalu,Gerindra meraih 3.027 suara, Hanura 3.850 suara, Barnas 2.374 suara, PDP 2.961 suara, dan PIB 2.163 suara serta menempatkan masing-masing satu wakilnya di DPRD Soppeng. (abdullah nicolha).

No comments: