Monday, November 30, 2009

Januari,Saudarata Daftar di KPU

Tuesday, 01 December 2009
WATANSOPPENG (SI) – Pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati yang akan maju pada Pilkada Soppeng 2010,Syamsu Niang-Andi Hendra Pabeangi (Saudarata), berencana mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Soppeng pada Januari 2010.

Manuver politik pasangan tersebut makin agresif.Mereka melakukan sosialisasi dan mengumpulkan dukungan masyarakat Soppeng untuk memenangkan perhelatan pesta demokrasi lima tahunan di Bumi Latemmamala itu. Langkah untuk maju melalui jalur perseorangan mencengangkan banyak pihak.

Sebab, hanya dalam waktu dua bulan, Syamsu Niang yang kurang dikenal masyarakat Soppeng, kini mampu menempatkan diri sebagai salah satu figur yang menjadi perbincangan banyak orang, bahkan hingga ke pelosok-pelosok desa terpencil di daerah berjuluk Kota Kalong itu.

Syamsu kepada sejumlah wartawan di Remaja Foto Watansoppeng kemarin terkait manuver-manuver politiknya selama ini, mengungkapkan, pihaknya tidak akan berhenti bergerak dan akan terus menggalang dukungan masyarakat.

“Saya tidak akan berhenti bergerak dan terus menggalang dukungan dari masyarakat Soppeng. Saya punya prinsip,maju terus dan hadapi semua hambatan.Tidak ada urusan dengan ‘Belanda’,”ungkapnya.

Bahkan, untuk membuktikan tekadnya bertarung meraih posisi bupati di Bumi Latemmamala tersebut, pihaknya akan mendaftarkan diri pada penyelenggara pemilu Januari mendatang.“Lihat saja, 17 Januari mendatang, saya akan mendaftar di KPU Soppeng,” ungkap Wakil Ketua DPRD Kota Makassar ini.

Dia menyebutkan, saat ini pihaknya telah melakukan verifikasi ulang terhadap dukungan masyarakat yang menginginkan mereka (Saudarata) maju di Pilkada Soppeng.“ Kami sudah melakukan verifikasi ulang terhadap dukungan masyarakat yang dibuktikan melalui KTP.Saya tidak mau ada pihakpihak yang mengacaukan dukungan yang diperoleh dengan cara yang tidak benar,”tandasnya.

Sekadar diketahui, meski Syamsu Niang belum memajang satu pun baliho, puluhan ribu buletin tentang 11 alasan memilih Syamsu Niang dan Andi Hendra Pabeangi telah lama menyebar dan tidak sulit ditemui di pelosokpelosok Kabupaten Soppeng.

“Kalau dilihat,memang belum ada baliho Saudarata yang terpajang, tapi buletin tentang alasan memilihnya sudah menyebar hingga pelosok penjuru Soppeng, itu tidak dapat dipungkiri,” ungkap salah seorang warga Soppeng Rahman, 35, kepada harian Seputar Indonesia(SI),kemarin.

Sementara itu,Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Andi Taufan Made Alie yang juga putra mantan Bupati Soppeng Andi Made Alie, optimistis dapat memenuhi syarat maju di Pilkada Soppeng 2010 melalui jalur perseorangan. Bahkan, pihaknya mengklaim telah menyebarkan 17.000 formulir di seluruh wilayah di Bumi Latemmamala tersebut.

“17.000 formulir dukungan sudah kami sebarkan di delapan kecamatan,” ungkap Perwira Polisi yang bertugas di Polda Sulselbar ini kepada wartawan di WarkopAsia Watansoppeng, baru-baru ini. Menurut dia, saat ini pihaknya telah mengumpulkan 2.300 dari formulir yang telah disebar beserta fotokopi kartu tanda penduduk (KTP). Insya Allah, tiga pekan ke depan, pengisian dan pengumpulan ke-17.000 formulir ini sudah rampung,” tuturnya.

Informasi yang dihimpun SI,perwira polisi itu akan menggandeng Andi Juanda dengan memakai slogan ATM-Aja (Andi Taufan Made Alie-Andi Juanda). Sebelumnya, pasangan Saudarata (Syamsu Niang-Andi Hendra Pabeangi) yang lebih awal telah mendeklarasikan diri maju pada perhelatan pesta demokrasi lima tahunan di Bumi Latemmamala itu Juni 2010 mendatang.

Saudarata juga telah mengklaim mengantongi dukungan masyarakat Soppeng yang dibuktikan dengan 13.000 fotokopi KTP,yang menjadi syarat minimal ikut bertarung di Pilkada Soppeng melalui jalur tersebut. Sejumlah kalangan di daerah berjuluk Kota Kalong itu menilai, sosokAKBPAndi Taufan Made Alie yang juga putra Bupati Soppeng dua periode,

Andi Made Alie (1970–1980), akan menjadi ancaman baru bagi kandidat bupati dan wakil bupati yang terlebih dahulu mendeklarasikan diri akan ikut bertarung pada pilkada setempat, termasuk incumbent Bupati Andi Soetomo, Ketua DPRD Soppeng Andi Kaswadi Razak,Wabup Andi Sarimin Saransi, dan beberapa kandidat lainnya.

“Figur Fung Made yang tegas dan disiplin, sangat kental dengan Kabupaten Soppeng. Di tangannyalah Soppeng pernah mencapai puncak keemasan dibanding daerah- daerah lain yang di Sulsel, dibuktikan dengan penghargaan tertinggi di bidang pembangunan Parasamsya Purna Karya Nugraha,” ungkap salah seorang pensiunan guru di Watansoppeng, Sunati, kepada wartawan,kemarin.

Spirit yang dimiliki Fung Made tampaknya juga dimiliki putranya, Andi Taufan. Jika dia mampu mengumpulkan 17.000 KTP dalam waktu tiga pekan sangat luar biasa. “Saya kira, itu usaha yang luar biasa dan akan membuat konstelasi politik yang selama ini ada di Kabupaten Soppeng akan berubah,” tandasnya. (abdullah nicolha)

No comments: