Tuesday, December 1, 2009

Polman Alihkan Pembayaran Gaji

Wednesday, 02 December 2009
POLEWALI(SI) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Polewali Mandar (Polman) pada Desember ini mengalihkan pembayaran gaji pegawai negeri sipil (PNS) dari setiap bendaharawan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di daerah tersebut ke bank.

“Desember merupakan masa persiapan pengalihan prosedur pembayaran gaji dari bendaharawan SKPD ke bank.Termasuk pembukaan rekening tabungan oleh semua setiap PNS,” ungkap Bupati Polman Ali Baal kepada wartawan kemarin.

Karena itu, lanjut Bupati dua periode ini, bagi para PNS yang tidak memiliki rekening tabungan, tentu akan kesulitan menerima gaji. “Yang tetap ada adalah staf yang menangani administrasi kenaikan gaji berkala dan sebagainya di setiap unit kerja.Karena itu,mulai Januari 2010 mendatang, tidak ada lagi pembayaran gaji melalui bendahara,” jelas orang nomor satu di Bumi Todilaling itu.

Informasi yang dihimpun harian Seputar Indonesia (SI),ada empat bank yang akan menjadi tempat penerimaan gaji PNS,di antaranya Bank BPD Sulsel Cabang Polman, Bank BRI Cabang Polewali, Bank Mandiri,dan Bank Danamon Wonomulyo. “Pada Desember ini, semua PNS dianjurkan membuka rekening tabungan di bank, sesuai wilayah tempat tugasnya,”ujar Ali.

Untuk PNS di wilayah Kecamatan Polewali, Binuang, Anreapi, dan Matakali, serta pegawai sekretariat kabupaten, gaji mereka akan dibayarkan melalui BPD Cabang Polman.

Sementara untuk wilayah Kecamatan Wonomulyo, Mapilli, Tapango, Bulo, dan Matangnga direncanakan melalui Bank Mandiri dan Bank Danamon Wonomulyo. PNS yang bertugas di Kecamatan Campalagian, Luyo, dan Tubbi Taramanu (Tutar), begitu pun di wilayah Kecamatan Tinambung, Balanipa, Limboro, dan Alu, melalui BRI unit setempat.

“Kebijakan tersebut,selain menumbuhkan kebiasaan menabung di kalangan PNS,juga mengamankan gaji PNS dari praktik pemotongan yang tidak berdasar,”ungkap Kepala Bagian Humas dan Protokol Polman M Danial via ponselnya,kemarin. Data yang dihimpun SI, total jumlah gaji PNS Pemkab Polman 2009 sekitar Rp250 miliar atau rata-rata Rp19 miliar per bulan.

Sementara itu, empat pimpinan bank, yakni Bank BRI Cabang Polewali Elizoncius Sianipar,Yusran Hanafi (BPDSS Cabang Polman), Wahyu Kuncoro (Bank Mandiri Cabang Polman),Wonomulyo, dan Vekry (Bank Danamon), menyambut baik rencana Pemkab Polman melakukan kerja sama dalam pembayaran gaji PNS.

Mereka siap bermitra dengan pemkab melayani pembayaran gaji PNS.Elizoncius Sianipar menegaskan, pihaknya telah lama menggagas hal tersebut. Wahyu Kuncoro menambahkan,jika rencana tersebut disepakati, perlu kesiapan Bank BPD sebagai kas daerah mengirim secepatnya dana kepada bank penyalur sebelum penerimaan gaji PNS setiap bulan.

Bupati Ali Baal berharap BPD bekerja cepat. Setidaknya,tanggal 28 setiap bulan dana sudah dikirim ke BRI, Mandiri, dan Danamon sesuai jumlah gaji PNS yang akan dilayani.“Pada Desember 2009,semua PNS membuka rekening di bank. Januari, pembayaran gaji melalui bank sudah terlaksana,” tandas Ali.

Wilayah Kecamatan Wonomulyo, Mapilli,Tapango, Bulo, dan Matangnga melalui Bank Mandiri dan Bank Danamon, Wonomulyo. Sementara Kecamatan Campalagian, Luyo, dan Tubbi Taramanu (Tutar), begitu pun di wilayah Kecamatan Tinambung, Balanipa, Limboro, dan Alu, melalui BRI unit setempat.“ Teknisnya, akan dibicarakan secara khusus,” ujar Sekkab Polman Natsir Rahmat.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Polman Akmal mengingatkan, umumnya PNS punya kredit di bank sehingga perlu dirumuskan tata cara pembayaran gaji jika mempunyai kredit di bank lain.

Kepala BKDD Sunjalil menyebutkan, jumlah PNS Polman mulai Januari 2010 sebanyak 7.001, termasuk CPNS baru hasil penerimaan 2009 sebanyak 411 dan sekretaris desa 28 orang. (abdullah nicolha)

No comments: