Thursday, December 3, 2009

Golkar Ajukan Calon Akhir Desember

Thursday, 03 December 2009
WATANSOPPENG (SI) – Tahapan penjaringan bakal calon bupati dan wakil bupati dari Partai Golkar untuk diusung pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Soppeng rencananya ditetapkan pada akhir Desember.

“Intinya, kami menunggu hasil survei dan tetap akan mengacu pada jadwal semula, yakni akhir Desember. Sampai hari ini belum ada kepastian, yang jelas kami memiliki prosedur untuk itu,” ungkap Ketua Tim Pilkada Golkar Soppeng Syahruddin M Adam kepada Seputar Indonesia (SI) di DPRD Soppeng,kemarin.

Salah seorang anggota Koordinator Wilayah Soppeng Luthfi Kadir menambahkan, mekanisme awal yang telah dijalankan tidak akan berubah. “Kami sudah bentuk desk pilkada jadi, tunggu hasil survei kedua, siapa pun dia harus meyakinkan masyarakat,” ujarnya.

Sebelumnya, DPD II Partai Golkar Kabupaten Soppeng telah mengajukan 10 nama bakal calon (balon) bupati dan balon wakil bupati ke DPD I Golkar Sulsel.Kesepuluh bakal calon itu untuk disurvei dan ditetapkan sebagai calon yang akan diusung pada Pilkada Soppeng Juni 2010.

Ke-10 balon tersebut,yaitu Andi Kaswadi Razak, Andi Sulhan Hasan,Syarifuddin Rauf,Andi Pawelloi Mappejanci, Andi Anton, Mayor Mulyadi Marzuki, Andi Rizal Mappatunru,Bakkareng,Andi Khaerani, dan Husain Djunaid.

Sebelumnya,Golkar menerima 15 pendaftar dari berbagai elemen, tapi hingga pendaftaran ditutup yang mengembalikan formulir pendaftaran atau resmi mendaftar hanya 10 orang.

Dia hanya menerima pendaftaran kemudian memverifikasi dan diajukan ke DPD I. Jadi, para balon yang tidak mengembalikan formulir, otomatis tidak akan diajukan untuk disurvei popularitas dan elektabilitasnya.

“Yang akan diusung Partai Golkar pada pilkada adalah mereka yang mendaftar di Golkar.Jadi, kalau tidak mendaftar tidak akan diperhitungkan, meski memiliki popularitas dan elektabilitas yang tinggi di masyarakat Soppeng,” ungkapnya.

Sementara data yang dihimpun SI, lima nama yang tidak mengembalikan formulir di partai pemenang pemilu di Bumi Latemmamala tersebut, di antaranya Syamsu Niang, Andi Sarimin Saransi, Andi Hendra Pabeangi,Andi Arifuddin Saransi, Andi Mappangerang, Hira Putriani Rasyid.

Sementara itu, salah satu balon wakil bupati Soppeng yang juga ikut mendaftarkan di partai berlambang pohon beringin,Andi Pawelloi Mappejanci, kembali mendapat dukungan sejumlah kalangan di daerah berjuluk Kota Kalong itu. Dukungan kali ini dari Sekretaris Palang Merah Indonesia (PMI) Sulsel Lutfi Kadir.

Dia pun mendorong Ketua PMI Soppeng Andi Pawelloi untuk maju pada Pilkada Juni mendatang. “Sebagai orang yang berada dalam kepengurusan PMI, kami akan mendorong jika ada dari pengurus PMI yang ingin maju sebagai calon bupati atau wakil bupati,”ungkapnya.

Menurut Luthfi, sosok Andi Pawelloi yang juga Kepala Inspektorat Soppeng itu memang layak dan pantas menjadi pemimpin. Selama ini kemampuan dan pengalamannya sudah teruji serta dekat dengan masyarakat. “Kami mendukungnya untuk maju karena memiliki kemampuan,” tandasnya.

Bahkan,kalangan masyarakat memprediksikan apabila Pawelloi berpaket dengan Ketua DPRD Soppeng Andi Kaswadi Razak, peluang mereka memenangkan pesta demokrasi lima tahunan di Bumi Latemmamala cukup besar.

Fung Datu, sapaan akrab Kepala Inspektorat Andi Pawelloi, memiliki basis massa yang ada di utara, sementara Kaswadi memiliki basis massa yang riil di wilayah Soppeng tengah dan selatan. (abdullah nicolha)

No comments: