Monday, January 25, 2010

Saudarata Unjuk Gigi di Soppeng

Sunday, 24 January 2010
WATANSOPPENG(SI) – Bakal calon bupati dan wakil bupati (cabup-cawabup) Soppeng dari jalur perseorangan Syamsu Niang-Andi Henda Pabeangi yang bertekad maju pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Juni 2010,mulai unjuk gigi.

Terbukti, pasangan balon bupati yang lebih dikenal dengan singkatan ‘Saudarata’ itu mengerahkan sekitar 2.000-an pendukungnya yang tersebar di seluruh daerah berjuluk Kota Kalong saat menyerahkan dukungan di Sekretariat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Soppeng, kemarin.

Dukungan yang besar itu membuat kedatangan anggota DPRD Makassar dan Camat Marioriwawo ke KPU tampak meriah. “Kami memang sebelumnya telah merencanakan mengantar pasangan ‘Saudarata’ ke KPU dengan ribuan massa dan Alhamdulillah dapat terwujud.Ini merupakan salah satu bukti bahwa masyarakat mendukung kami,” ungkap Ketua Tim Pemenangan ‘Saudarata’ Bau Ayyu kepada Harian Seputar Indonesia (SI) saat masih berada di kediaman Datu Hendra di Cikke’e Jalan Kemakmuran Watansoppeng, kemarin.

Dari pantauan,Datu Hendra sapaan akrab cawabup perseorangan itu, sebelumnya diantar oleh ratusan pendukungnya dari kediamannya di Takkalala, Kecamatan Marioriwawo, Kabupaten Soppeng.

Dengan menggunakan puluhan sepeda motor dan kendaraan roda empat, mereka menuju kediaman keduanya yang ada di Cikke’e, Kecamatan Lalabata, dan di sana ribuan massa menunggu acara syukuran digelar.

Sebelumnya, ribuan warga yang memadati kediaman Camat Marioriwawo (Datu Hendra) kembali membuktikan dukungan pada ‘Saudarata’ dengan menorehkan tanda tangan di atas kain putih sepanjang 10 meter yang ditempelkan di tembok samping pekarangan rumah tersebut.

Pasangan Saudarata bersama pendukungnya mulai mulai bergerak sekitar pukul 12.30 Wita dan langsung menuju Masjid Raya Darussalam Watansoppeng untuk melaksanakan salat Dzuhur berjamaah.

Seusai melaksanakan salat,pasangan tersebut kemudian melanjutkan perjalanan menuju KPU Soppeng dengan jalan kaki diiringi ribuan pendukungnya. Jarak masjid dari KPU sekitar 300 meter. Datu Hendra yang masih keturunan bangsawan di Bumi Latemmamala tersebut, juga diiringi penari bissu yang terdiri dari gadisgadis yang menggenakan baju bodo dan juga Waria.

Hal tersebut dilakukan untuk menghormati kedatuan yang dimiliki pendamping Syamsu Niang tersebut. Pantauan SI, selain ribuan masyarakat dari penjuru Soppeng, Wakil Ketua DPRD Makassar Syamsu Niang juga diantar oleh kolegnya sesama anggota dewan Kota Makassar.

Dari sejumlah anggota dewan tersebut, tampak anggota DPRD Provinsi Sulsel dari PDK yang juga Ketua DPK-PDK Kota Makassar Adil Patu. Adil Patu yang juga mantan calon Wakil Wali Kota Makassar mengaku, kedatangannya ke Soppeng untuk memberikan dukungan moril kepada Saudarata untuk maju dan memenangkan Pilkada Soppeng.

Bahkan,dirinya tidak ketinggalan dalam setiap proses penyerahan dukungan. “Ini sebagai dukungan solidaritas dan emosional sesama kader untuk mendukung Saudarata,” tuturnya kepada sejumlah wartawan seusai penyerrahan berkas di KPU Soppeng,kemain.

Saudarata menyerahkan bentuk dukungan warga berupa kartu tanda penduduk (KTP) kepada KPU sebagai syarat menjadi calon bupati dan wakil bupati Soppeng melalui jalur perorangan.Data yang dihimpun, dukungan yang diserahkan sebanyak 15.032 yang dibuktikan dengan tanda tangan dan KTP.

Legislator PDK Makassar ini mengungkapkan, setelah melihat dukungan masyarakat Soppeng yang mengantar Saudarata ke KPU mencapai 2000-an, dirinya semakin yakin dan mantap untuk maju pada perhelatan pesta demokrasi lima tahunan di Kota Kalong itu.

“Bahkan, tambah sangat optimis memenangkan Pilkada Soppeng,” tandasnya. Ketua KPU Soppeng Sulhan mengungkapkan, setelah penyerahan dukungan ke KPU,nantinya segera diverifikasi secara faktual di tingkat panitia Pemungutan Suara (PPS) di tiap kecamatan.“Selanjutnya, menyerahkan dokumen tersebut ke PPS,”jelas dia. (abdullah nicolha).

No comments: