Tuesday, February 9, 2010

Matra Bebaskan Biaya SMA

Tuesday, 09 February 2010
PASANGKAYU (SI) – Pemerintah Kabupaten Mamuju Utara (Matra) Sulawesi Barat (Sulbar) tahun ini membebaskan biaya pendidikan jenjang sekolah menengah atas (SMA) dan sederajat,baik negeri maupun swasta di daerah tersebut.

Anggaran yang dibutuhkan dalam program pembebasan biaya pendidikan untuk SMA dan sederajat itu sekitar Rp1,3 miliar.Dana tersebut diambil dari anggaran pada Dinas Pendidikan Mamuju Utara.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Dispora) Matra Muh Jufri mengungkapkan, hal tersebut merupakan terobosan baru dalam upaya peningkatan sumber daya manusia (SDM) yang ada di daerah pecahan Kabupaten Mamuju itu. “Ini adalah terobosan baru,” ungkapnya dalam rapat pembahasan teknis pemberian bantuan kegiatan belajar mengajar bagi siswa SMA sederajat,kemarin.

Sementara itu, Bupati Matra Abdullah Rasyid mengatakan, selain program pendidikan gratis tersebut, pihaknya juga akan memberikan beasiswa kepada para siswa yang berprestasi, khususnya yang kurang mampu,untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi (PT).

“Langkah tersebut adalah upaya pemda menciptakan kader-kader yang andal yang siap menjawab tantangan zaman,khususnya dalam rangka mengoptimalkan sumber daya alam yang dimiliki Matra,” paparnya.

Dari informasi yang dihimpun harian Seputar Indonesia (SI),kebijakan bupati membebaskan biaya SPP bagi siswa SMA,MA,SMK sederajat tersebut karena tingginya beban pembiayaan pendidikan yang dirasakan sebagian wali murid. “Bukan karena besarnya biaya yang harus dibayar, tetapi rendahnya tingkat ekonomi masyarakat, khususnya yang berada di wilayah pesisir pantai,”katanya.

Abdullah Rasyid mengharapkan bahwa dengan adanya program itu tidak akan ada lagi siswa yang putus sekolah sehingga ke depan Matra memiliki SDM yang berkualitas. Pihaknya mendorong para siswa belajar dengan baik dan tekun sehingga kelak akan mampu menjadi manusia yang sukses,bahkan menjadi pemimpin di daerahnya. (abdullah nicolha)

No comments: