Wednesday, March 31, 2010

4 April, KPU Soppeng Tetapkan Calon

Wednesday, 31 March 2010
WATANSOPPENG (SI) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Soppeng, pada Minggu 4 April menggelar acara penetapan pasangan calon bupati-wakil bupati (cabup-cawabup) yang akan bertarung pada Pilkada Soppeng 2010.

“Insya Allah, sesuai jadwal tahapan yang telah kami susun, penetapan cabup dan cawabup dilakukan 4 April mendatang, baik dari parpol maupun calon perseorangan,” ungkap Devisi Humas dan Hukum KPU Soppeng Amrayadi kepada harian Seputar Indonesia (SI) di ruang kerjanya kemarin.

Dia menjelaskan, hal tersebut dilakukan setelah melalui rapat pleno KPU Soppeng yang digelar pada Sabtu (3/4),atau sehari sebelum penetapan. “Sebelum diumumkan, KPU melakukan rapat pleno, termasuk calon perseorangan setelah diverifikasi tambahan dukungan yang diserahkan ke KPU,”jelasnya.

Informasi yang dihimpun,saat ini penyelenggara tingkat desa, yakni Panitia Pemungutan Suara (PPS), kemarin, merampungkan verifikasi dan memasukkannya ke tingkat kecamatan,yakni PPK, lalu menyerahkannya ke tingkat kabupaten.

Amrayadi menyebutkan, pihaknya memberikan kesempatan kepada PPS untuk bekerja semaksimal mungkin sesuai jadwal yang telah ditetapkan. “Jadi, hari ini (kemarin) merupakan hari terakhir di tingkat desa.Lalu ke PPK dan kemudian ke KPU. Kita genjot tanggal 1 April sudah harus di PPK, sementara tanggal 2 April sudah masuk di kabupaten,”ujarnya.

Mantan Ketua Panwaslu Soppeng ini menambahkan, saat ini dua bakal calon bupati dan wakil bupati melalui jalur perseorangan, yakni pasangan Syamsu Niang- Andi Hendra Pabeangi (Saudarata) dan Andi Taufan Made Alie-Sukman Junuddin (ATM-Suka) masih berpeluang untuk lolos menjadi peserta pada Pilkada Soppeng.

Pasalnya, dua calon tersebut telah menyerahkan kekurangan dukungan KTP ke KPU untuk diverifikasi, dan yang menentukan adalah hasil verifikasi yang dilakukan tingkat PPS dan PPK. “Jadi, kita tunggu saja hasil verifikasinya,” tandas dia.

Sementara, terkait penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang sempat molor dari jadwal semula, Devisi Perencanaan dan Logistik KPU Soppeng Pammeka mengungkapkan, pihaknya hingga saat ini masih melakukan pendataan dan masih menunggu masukan dari semua kandidat dan masyarakat Soppeng sebelum ditetapkan 9 April mendatang.

“Jadi, kami telah menyampaikan DPS (Daftar Pemilih Sementara) kepada semua calon agar memberi masukan jika masih ada warga yang belum masuk dalam daftar pemilih,”tandasnya. (abdullah nicolha)

No comments: