Saturday, April 3, 2010

SMK Kelautan Dapat Bantuan Kapal

Friday, 02 April 2010
MAJENE (SI) – Salah satu perusahaan migas internasional,Exxon Mobil, melalui mitra kerjanya,Yayasan Pengembangan Pendidikan dan Telematika Indonesia (YPPTI), memberikan bantuan kepada SMK Kelautan Majene yang diterima langsung Bupati Majene Kalma Katta,pekan lalu.

SMK Kelautan Majene, Sulawesi Barat (Sulbar), merupakan satu-satunya sekolah yang mengkhususkan program di bidang kelautan. Sekolah itu mendapat bantuan fasilitas kapal berupa penangkap ikan, mesin pembuat abon ikan,dan bakso ikan.

Direktur YPPTI Hikmat Hardono menyatakan, bantuan dari Exxon Mobil kepada SMK Kelautan didasari pertimbangan bahwa keberadaan SMK Kelautan sangat cocok dengan situasi dan kondisi masyarakat Sulbar secara umum, yakni bidang kelautan.

“Dengan fasilitas ini, kami berharap ke depan SMK Kelautan lebih maju karena terdapat pendidikan kelautan yang sangat sesuai potensi lokal di Sulbar,”katanya.

Staf YPPTI Ernaeda Naharuddin menambahkan, kapal yang diberikan ke SMK Kelautan adalah kapal penangkap ikan dengan kapasitas 15 gross ton (GT).Kapal tersebut akan digunakan para siswa dalam melakukan praktik belajar di laut.

Dari informasi yang dihimpun harian Seputar Indonesia (SI),kapal bantuan tersebut dilengkapi fasilitas canggih, antara lain GPS, radio system,echo sounder,fish binder.

Saat ini di SMK Kelautan yang berlokasi di Kecamatan Pamboang, Kabupaten Majene, terdapat tiga jurusan, yaitu nautika kapal penangkap ikan,agrobisnis perikanan laut, dan teknologi pengolahan hasil laut.

“Dengan kapal itu, siswa diharapkan lebih mahir dan terampil bekerja di lapangan, apalagi selain guru,para siswa juga akan dibimbing langsung nelayan Mandar, ”ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Majene Kalma Katta mengungkapkan, pihaknya menyambut baik atas bantuan tersebut. Bahkan, orang nomor satu di Majene ini berjanji akan memberi perhatian kepada SMK Kelautan, salah satunya pengadaan seragam siswa. (abdullah nicolha)

No comments: