Wednesday, April 14, 2010

PNS Harus Netral saat Pilkada

Thursday, 15 April 2010
WATANSOPPENG (SI) – Asisten III Pemkab Soppeng Bidang Administrasi Umum selaku pemegang tugas Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Andi Akbar Nur Tahir menegaskan,seluruh PNS bersikap netral pada Pilkada Soppeng Juni nanti.

Hal tersebut ditegaskan saat sosialisasi pendewasaan politik bagi netralitas PNS dalam pelaksanaan Pilkada Soppeng 2010 yang digelar di ruang pola kantor bupati barubaru ini. Acara tersebut dihadiri unsur Muspida,Kepala SKPD,Camat, Lurah, dan PNS lingkup Soppeng lainnya.

“Selaku PNS sebagai unsur aparatur negara harus netral dari pengaruh semua golongan dan partai politik. Selain itu, tidak diskriminatif dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ungkapnya.

Dia berharap para PNS tetap menjalin kerja sama atau network untuk berperan aktif mengendalikan ketertiban dan keamanan.Dengan begitu, tidak ada sedikit pun tuntutan yang terjadi menjelang dan setelah perhelatan pesta demokrasi lima tahunan di Bumi Latemmamala itu.

Pelaksana Tugas (Plt) Sekkab Soppeng ini juga mengungkapkan, kiprah pemerintah daerah dalam menjalankan fungsi pemerintahan yang baik (good governance) sangat ditentukan proses awal sistem politik kenegaraan, yakni pilkada.

Menurutnya,penerapan tatanan, mekanisme, dan prosedur dalam penyelenggaraan pilkada kali ini terdapat hal-hal yang mungkin belum dipahami betul masyarakat. “Tugas dan tanggung jawab kami sungguh berat,seperti apa citra bangsa, berada di tangan kita bersama.Jadi,kita harus terus berperan mewujudkan suasana kondusif, aman, efektif, dan demokratis,” paparnya.

Dia pun menginstruksikan seluruh pimpinan SKPD dan seluruh camat terus proaktif mengantisipasi isu-isu atau masalah secara dini.“Dengan demikian,hal-hal kecil tidak berdampak menjadi persoalan besar yang bisa menghambat proses dan tahapan Pilkada Soppeng,”tuturnya.

Asisten III ini juga menyerukan seluruh komponen dan lapisan masyarakat menanamkan dalam hati dan tindakan untuk menyukseskan pelaksanaan pilkada. “Mari tanamkan dalam lubuk hati dan tindakan kita, target pelaksanaan pilkada sukses 2010,” ungkapnya kepada para PNS.

Kepala Kesbang Pemkab Soppeng Arif Dimas menambahkan, kegiatan tersebut merupakan salah satu dukungan Pemkab Soppeng dalam upaya implementasi UU No 22/2007 tentang Pelaksanaan Pilkada.

“Tentunya perlu cara membiasakan adanya kesepakatan bersama dalam mengatasi masalah terkait proses pilkada,”tandasnya. (abdullah nicolha)

No comments: