Tuesday, April 13, 2010

UNICEF Bantu Soppeng Rp3,4 M

Wednesday, 14 April 2010
WATANSOPPENG (SI) – United Nation International Children Emergency Founds (UNICEF) memberikan bantuan Rp3,4 miliar kepada Kabupaten Soppeng untuk program air bersih di delapan desa dan 37 sekolah dasar (SD).

Bantuan tersebut merupakan siklus kedua sejak 2009–2010. PO Wash UNICEP Indonesia Timur Ali Aliyuddin menjelaskan, khusus di Kabupaten Soppeng, pada alokasi siklus pertama yang diberikan 2009 ditujukan untuk dua desa. Pertama Gattareng Toa di Kecamatan Maroiriwawo dan Desa Parenring,Kecamatan Lilirilau.

“Pelaksanaan proyek bantuan UNICEF ini melibatkan lima instansi di lingkup Pemkab Soppeng. Terdiri atas Bappeda yang bertindak sebagai perencana, Dinas PU, BPM-pemdes, Dikmudora, dan Dinas Kesehatan,”ujar Ali Aliyuddin didampingi Ketua Bappeda Soppeng Andi Rusli Razak pekan lalu.

Sementara untuk siklus kedua pada 2010,bantuan tersebut dialokasikan di enam desa di tiga kecamatan. Tiga desa di Kecamatan Citta,yaitu Desa Barang,Kampiri, dan Citta. Dua desa di Kecamatan Maroiriwawo,yaitu Desa Soga dan Goarie. Satu desa di Kecamatan Lalabata,yakni Desa Umpungeng.

Abraham A Umar,yang juga PO Wash UNICEP Indonesia Timur, mengungkapkan,secara rinci dana yang alokasikan pada 2009 sebesar Rp1,7 miliar. Ditambah material sipilsebesarRp1,1miliardiluarpipa yang didatangkan khusus UNICEF untuk menjamin kualitasnya.

“Selain itu, Rp650 juta untuk persiapan bagi masyarakat berupa pelatihan dan pemberian keterampilan lainnya,termasuk bagaimana agar masyarakat sadar membuat jamban (WC) sendiri,”katanya.

Dia menyebutkan, khusus di Kabupaten Soppeng, proyek pengadaan air bersih itu diprediksi dapat menjangkau minimal 2.000 rumah tangga.Terdiri atas 299 rumah di Desa Gattareng Toa, Parenring 279 rumah, Soga 268, Goarie 203, Desa Umpungeng 264,Barang 113,Kampiri 381,dan Desa Citta 230 rumah tangga.

Selain proyek pengadaan air bersih bagi warga pedesaan di Soppeng, UNICEF juga melaksanakan program sanitasi di 37 SD di daerah berjuluk Kota Kalong itu. (abdullah nicolha)

No comments: