Monday, April 12, 2010

Pelaksanaan Seleksi CPNS Dipercepat

Monday, 12 April 2010
WATANSOPPENG(SI) – Seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Kabupaten Soppeng pada 2010 dipercepat dari tahun sebelumnya.

Terbukti, Kementerian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara telah meminta formasi dari berbagai daerah. “Sesuai penyampaian Badan Kepegawaian Negara (BKN), seleksi tahun ini akan dipercepat.Hal itu terlihat dari cepatnya permintaan usulan formasi setiap daerah,” ungkap Kepala Bidang Formasi dan Kesejahteraan Pegawai Badan Kepegawaian Diklat dan Daerah (BKDD) Soppeng Suriasni kepada harian Seputar Indonesia (SI), melalui telepon seluler, kemarin.

Kendati demikian, dia belum dapat memastikan kapan seleksi penerimaan CPNS tersebut dilaksanakan. Namun, sesuai pengusulan sebelumnya, biasanya digelar pada November. “Kami belum dapat memastikan kapan, tapi kemungkinan dipercepat karena formasi telah diminta dan diserahkan, diperkirakan pertengahan tahun,”tuturnya.

Pengisian usulan formasi tersebut sesuai kebutuhan seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkup Pemkab Soppeng dan tetap memprioritaskan pelayanan dasar. Dia menyebutkan, sebelum diusulkan kepada Meneg PAN dan BKN, harus mendapat persetujuan gubernur.

“Sejumlah SKPD mengaku masih memiliki kekurangan tenaga kerja dan strategis,seperti tenaga guru, tenaga kesehatan, penyuluh. Semua telah diajukan ke gubernur untuk mendapat persetujuan,” ungkap Kabid Formasi ini.

Menurut dia,dalam penyusunan formasi SKPD tetap memprioritaskan jabatan dan jenis kualifikasi pendidikan yang disyaratkan. Dia mengaku, penyusunan usulan tersebut sesuai Surat Edaran BKN No K26-30/V,21-9/99 tertanggal 18 Januari.

Hal senada diungkapkan Kepala BKDD Soppeng Andi Khaerul Umur.Dia mengatakan bahwa usulan tersebut berdasarkan kebutuhan setiap SKPD dan segera diusulkan ke Kementerian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan BKN.Namun, hal itu terlebih dahulu mendapat persetujuan Gubernur Sulsel.

“Usulan tersebut telah diantar ke gubernur. Setelah mendapat persetujuan, selanjutnya diserahkan ke Meneg PAN dan BKN,” katanya kepada wartawan di ruang kerja,pekan lalu.

Berdasarkan data yang dihimpun SI, formasi yang diusulkan tersebut terbanyak pada bidang pendidikan, yakni 414 tenaga pengajar. Disusul 317 tenaga kesehatan dan 231 bidang teknis. (abdullah nicolha)

No comments: