Saturday, April 10, 2010

DPT Soppeng Tambah 313 Pemilih

Friday, 09 April 2010
WATANSOPPENG(SI) – Jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Kabupaten Soppeng pada pemilihan kepala daerah (pilkada) di Bumi Latemmamala pada Juni,bertambah 313 pemilih.

Berdasarkan data yang dihimpun harian Seputar Indonesia (SI), pada pemilihan presiden lalu, jumlah pemilih yang terdaftar dalam DPT Soppeng mencapai 174.263 orang. Sementara data penduduk potensial pemilih pemilu (DP4) yang diserahkan pemerintah kabupaten (pemkab) setempat 178.404 orang atau meningkat 4.141 orang.

Namun, setelah verifikasi faktual di lapangan, jumlah tersebut kemudian bertambah 313 orang menjadi 178.717 pemilih yang ditetapkan dalam DPT. Sementara selisih antara DPT pilpres dan DP4 sebanyak 4.454 orang.

“Jadi, setelah verifikasi faktual tingkat PPS (panitia pemungutan suara) dilakukan, jumlahnya bertambah lagi 313 orang menjadi 178.717. Data itulah yang menjadi DPT untuk Pilkada Soppeng,” ungkap Divisi Perlengkapan dan Data KPU Soppeng Pammekka kemarin.

Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Soppeng Sulhan dalam rapat pleno terbuka tentang penetapan DPT tersebut menjelaskan, hal tersebut mengacu pada UU No 32,Pasal 70 yang menyebutkan daftar pemilih mengacu pada pemilu terakhir dan aturan KPU tentang rekapitulasi data pemilih.

“Penetapan DPT merupakan salah satu tahapan penting dalam proses pilkada. Jadi, DPT sekarang ini adalah 178.717 pemilih,” katanya di hadapan panitia pemilihan kecamatan (PPK) se-Kabupaten Soppeng dan tujuh ketua tim pemenangan pasangan cabup- cawabup yang akan bertarung pada Pilkada Soppeng di aula KPU,kemarin.

Ketua tim pemenangan paket Andi Sulham Hasan-Supriansa (SULAPA), Haeruddin Tahang, dalam rapat tersebut, meminta penjelasan KPU tentang cara penyelenggara pilkada mendeteksi dan mendapatkan penambahan pemilih tersebut. “Yang kami ingin perjelas di sini, bagaimana penambahan itu didapat dan interval waktunya,”ujarnya.

Anggota KPU Soppeng yang membidani masalah pendataan pemilih, Pammekka, menyebutkan, hal tersebut bisa saja terjadi melihat interval waktu yang ada saat penyerahan DP4 Januari lalu.

“Jadi, memang memungkinkan karena saat itu ada pemilih pemula yang belum memiliki hak pilih. Setelah dua bulan ke depan umurnya sudah mencapai 17 tahun dan itu sudah kami antisipasi,” tandasnya. Bahkan, pihaknya juga telah menemukan pemilih ganda sebanyak 238 orang.

Sebelum penetapan DPT dilakukan, pihak KPU juga kembali melakukan sosialisasi tentang surat suara yang akan dipergunakan dalam perhelatan pesta demokrasi lima tahunan tersebut. Bahkan, anggota KPU Soppeng Marwis mewakili KPU, memperlihatkan contoh surat suara kepada seluruh tim dan PPK,kemarin.

Penetapan DPT Pilkada Soppeng itu diikuti seluruh PPK se- Kabupaten Soppeng, Panwaslu, pihak kepolisian yang dihadiri langsung Kapolres Soppeng AKBP Arif Rahman,dan tujuh ketua tim pemenangan cabup-cawabup peserta Pilkada Soppeng. (abdullah nicolha)

No comments: